Dearryk Theory Jilid 2

Advertisement
advertisement
Setelah beberapa hari yang lalu "Dearryk Theory" sudah diluncurkan ke dunia blogging dalam dua versi yaitu DEARRYK THEORY dan DEARRYK THEORY : MELAWAN LEWAT MENTAL.

Kali ini, dengan bangga. saya meluncuran Dearryk Theory jilid 2 ke dunia blogging. dan untuk versi pertama ini saya berikan judul "Ilmu SEO itu penting nggak sih?"

Yuk kita baca...

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. setiap orang yang punya blog atau website pasti tidak asing dengan istilah yang satu ini. Di Internet bertebaran banyak situs yang menawarkan untuk memaksimalkan SEO semaksimal mungkin. tapi, apakah SEO itu benar-benar diperlukan?

Jujur, saya adalah orang yang sangat suka belajar tentang SEO. ilmu mengenai SEO begitu menarik dan masih menyimpan banyak pertanyaan. sampai sekarang, sepertinya belum ada ilmu yang benar-benar bisa mematahkan posisi SEO sebagai salah satu dasar dalam blog atau website.

Tapi, dimana ada hal yang begitu manarik seperti SEO. pasti ada saja yang tidak-tidak. contohnya : seperti yang kita tau, banyak sudah blogger yang jatuh ke jurang SEO tingkat tinggi. mereka begitu aktif dalam melakukan teknik-teknik SEO agar posisi blog mereka ada di bagian paling atas di Search Engine. dan akhirnya melupakan untuk menulis.

Sayangnya, tidak sedikit yang mengunakan cara-cara curang yang beresiko merugikan blog mereka sendiri. kebanyakan dari blogger yang mempelajari ilmu SEO tingkat tinggi adalah pemilik blog bisnis.

Walau demikian, tidak semua blog bisnis itu menggunakan teknik SEO yang curang. ada juga yang benar-benar memulai dari nol besar. mereka mulai dari menulis, update, berbagi, pasang iklan dan lainnya. mungkin brand blog mereka sudah tumbuh selama bertahun-tahun, makanya bisnis mereka bisa lancar.

sedangkan bagi anda yang baru nge-blog pagi ini, dan ingin kaya besok. jangan harap itu akan berhasil. apalagi jika anda mempelajari dan mempraktekan ilmu SEO tingkat tinggi yang jelas-jelas ilegal. Google bisa-bisa saja menendang anda dari daftarnya.

Sebagai blogger yang baik, kita tidak boleh munafik. kita juga butuh SEO, terutama SEO dasar. tanpa itu, butuh waktu yang lama untuk masuk ke daftar teratas Search Engine.

Sekarang, pertanyaannya. Ilmu SEO penting nggak sih???

Kalau memang penting, apa gunanya yang benar? dan jika tidak penting. kenapa?

Tolong bantu saya dengan berkomentar dibawah ini.
Advertisement
advertisement
Dearryk Theory Jilid 2 | Ari Kurniawan | 5

5 Komentar:

  1. Bagi saya (sebagai seorang blogger yg berniat memonetisasi blog), SEO itu penting. Untuk meningkatkan jmulah pengunjung ke blog saya. Karena traffik tinggi berarti peluang bagus untuk menghasikan uang. Meski tidak selalu berbanding lurus. asalkan jangan menggunakan cara-cara curang (Black Hat SEO). SEO yang sesuai sajalah dengan google guidelines. Tidak menipu pengunjung, sebab bagaimana pun pengunjung adalah klien kita (istilah saya).

    BalasHapus
  2. jujur...saya anggap SEO itu penting...tapi yang dasar...sekedar pasang meta tag...submit ke google dan pasang web master tool...dulu yang bikin saya ribet SEO adalah aturan dalam penulisan artikel dan Technocrati...kalau dulu mas dearryk sempet googling dengan kata kunci memulai blogging maka pasti ketemu sama artikel saya dan pasti sampai ingin muntah karena jujur artikel itu sangat SEO menurut saya...semua kata kunci saya Bold dan saya ulang-ulang tiap paragraf...saya sendiri juga enek...hehe...akhirnya beberapa hari lalu saya edit semua dan hasilnya artikel itu didepak dari halaman pertama google...tidak tahu sekarang kemana...tapi tidak apalah...karena artikel itu juga hasil review dari artikel blog lain...hehehe...maklum waktu itu masih suka copas...sekarang yang masih nangkring cuma 2 artikel saja di google...
    search engine juga penting...hanya sebagai pancingan sebelum mereka membaca artikel yang lain...hehe...saya juga ingin mencoba sih...tapi masih bingung cari artikel yang tepat...begitu menurut saya...

    BalasHapus
  3. >>> si Gen

    Betul tu, sob. kalau mau bisnis, SEO itu memang penting. tapi, jangan sampai mengunakan cara yang curang. sama saja menipu calon "pemberi uang".

    >>> Mas Ayub

    Saya baru tau kalau mas ayub juga pernah copas. selama saya nulis di blog ini, belum pernah sekalipun copas. tapi, belum tau nantinya ya.... semoga tidak. kalau di blog yang dulu.... sering.

    Tunggu si kodok datang aja, mas. nanti pasti tulisan mas ayub akan 'beraksi'

    BalasHapus
  4. Benar mas Dearryk, menurut saya SEO dasar itu boleh dibilang wajib. Kalau tidak blog kita bagai rumah byk perbabot, tp tidak ada pintu. Tp untuk menunjangnya dg cara byk update. Krn semakin byk kata dlm blog, maka semakin byk "sinyal" yg ditangkap search engine, spt jejaring yg jika satu ditarik semuanya ikut ketarik.

    Kalau hanya memburu SEO yg terlalu "matematis" spt pengalaman mas Ayub (saya jg pernah coba) itu hanya sekedar penjebak pengunjung. Tp mereka tdk akan betah. Menurut saya itu gak perlu. Cukup menyisipkan beberapa kata kunci (tanpa dibold dsb) dengan cerdik, sehingga tdk kentara dan tetap enak dibaca...

    BalasHapus
  5. Rumah tanpa pintu? Wah.... itu kata-kata yang bagus, pak. benar sekali, walau blognya itu sangat bagus isinya. tp tanpa SEO dasar, siapa yang akan tau dan datang.

    SEO "matematis" itu bagi saya cukup dipelajari saja. itupun kalau masih "halal". spt kata Pak Anas, harus cerdik menyisipkan kata kunci.

    BalasHapus