Nyolong Ide, bukan copy paste

Advertisement
advertisement
Perhatian! Sebuah virus yang sangat berbahaya sedang menyerang jagat dunia maya. bukan virus sembarangan. Namun, virus ini hanya menyerang para blogger yang selalu aktif. Saking bahayanya, sudah banyak orang yang berusaha memberikan "vaksin" dan "obat penyembuh" untuk penyakitnya. Tahukah anda, apa yang saya maksud?

Yang saya maksud adalah penyakit malas posting atau malas update. kenapa virus yang satu ini berbahaya? karena membuat para blogger, baik yang baru ataupun yang sudah berpengalaman menjadi tidak memelihara blognya.

Padahal konsep untuk memelihara blog itu sangatlah mudah, blog itu seperti bayi yang belum bisa berjalan. jadi, kita harus membantunya berjalan terlebih dulu. ditambah dengan asupan nutrisi berupa posting, kalau perlu diberikan vitamin berupa gadget unik. ditambah lagi dengan sedikit penarik perhatian seperti ebook gratis.

Kalau si bayi (blog) sudah bisa berjalan sendiri. maka kita tidak perlu terlalu sering memberi asupan nutrisi. karena dia sudah mampu berjalan walau tanpa asupan nutrisi dari kita. ditambah pula, dia akan mendapatkan banyak kunjungan. nah, kunjungan itulah yang harus kita tanggapi sekarang.

Jika blog anda masih bayi dan belum bisa berjalan sendiri. maka bersiaplah untuk selalu memberikan nutrisi padanya. Apakah anda harus membelinya? tentunya tidak. hanya perlu sedikit imajinasi dan ppengetahuan. pada nutrisi untuk blog anda bisa dibuat.

Bagaimana kalau anda kehabisan ide dan malas menulis? Copy Idea jawabannya. kebanyakan blogger pasti lebih memilih copy-paste. karena dianggap lebih mudah dan cepat. tapi, hal itu sungguh sangat merugikan kedua pihak. lebih baik kita "nyolong ide" dari sebuah posting.

Nyolong ide maksudnya, anda membaca sebuah posting dari sebuah blog. dan anda mencari garis besar atau inti dari postingan tersebut. kemudian buatlah posting di blog anda dengan tema yang sama. jangan mengcopy paste sebagian bahkan seluruh postingannya.

Intinya, buatlah sebuah posting yang menggambarkan sebuah masalah yang sama dengan posting di blog lainnya. tapi, dengan gaya dan bahasa anda sendiri. kalau perlu dibawah posting ini dengan tulisan.

Terinspirasi dari : "alamat posting atau blog"
Advertisement
advertisement
Nyolong Ide, bukan copy paste | Ari Kurniawan | 5

4 Komentar:

  1. Betul, saya setuju! colong ide beda dengan copas.. memang tidak dapat kita pungkiri bahwa kemampuan menulis setiap orang itu berbeda-beda, malah parahnya lagi kalo ada orang yang bilang : "saya ga pandai menulis"... aakkkhhhh... basi!

    klo yang ngomong gitu orang pedalaman, suku terasing dan semacamnya, oke lah.. karena mungkin mereka ga sekolah.. jadi tak tahu cara menulis kalimat atau mengarang...

    tapi jika seseorang sudah punya blog sendiri, artinya ini sudah termasuk orang "modern". tentu ga sulit untuk menulis satu atau 2 paragraf dengan bahasanya sendiri..

    persoalan apakah tulisannya dianggap menarik atau tidak, itu urusan lain... namanya juga proses pembelajaran.. klo dah merasa diri hebat dalam menulis mah kenapa ga nulis buku aja sekalian, bukan dengan ngeBlog ..? ya gak ????

    bukan begitu, begitu bukan???

    BalasHapus
  2. betul sekali. setidaknya kita sudah membuat posting yang original. walaupun idenya hasil nyolong di blog lain

    dari pada hanya hasil copas semata. kayak pencuri saja. dan kalau sudah pandai menulis. silakan saja menulis buku. bisa nambah uang saku.

    BalasHapus
  3. hahaha...
    copy paste sama aja nyuri dengan halus...
    emang betul banget mas...
    ide emang boleh diambil dari tempat lain tapi bukan berrarti nyolong isinya...
    mendingan gag usah bikin blog klo konten gag orisinil...
    malu donk kalau ada yang comment..."Tulisannya sama persis dengan blog blabla"...hehehe

    BalasHapus
  4. Iya mas, untung saja posting di blog itu tidak ada hak paten atau hak ciptanya. kalau ada, si tukang copas bisa itu bisa masuk penjara.

    kan jadi rugi berkali-kali lipat. belum lagi kalau hrus bayar markus

    BalasHapus