Pemacu Gairah Belajar

Advertisement
advertisement
Sewaktu di Taman Kanak-kanak (TK) belajar itu rasanya sangat menyenangkan, karena kebanyakan cuma nyanyi-nyanyi, main-main, makan-makan dan ayun-ayun. hanya kadang saja kita diberi pelajaran, itu pun belajar sambil bermain pula. aduh... enak banget kalo belajar kayak gitu.

Saat masuk ke Sekolah Dasar (SD), pada kelas 1, 2, 3 sih masih gampang dan santai-santai aja dalam belajar. masih ada waktu buat mainlah. di kelas 4, 5, 6 agak susah dikit karena harus belajar agar bisa lulus.

Di SMP dan SMA, pelajaran makin ruwet, runyam, rumit dan sulit. tapi, di sekolah menengah kayak SMP dan SMA. ada hal-hal yang bisa memacu "GAIRAH" belajar.


Ini khusus untuk anak-anak yang masih sekolah (pelajar), kalau orang yang sudah lulus S1, agak susah untuk mempraktekannya. berikut ini adalah cara-caranya :


1. Dengan belajar sesuai minat. Ambil contoh jika anda suka pada ekonomi dan kurang suka matematika. jadi, belajarlah matematika terlebih dahulu. baru ekonomi, karena saat belajar matematika konsentrasi anda masih penuh. dan saat berpindah ke ekonomi, konsentrasi anda akan penuh lagi karena itu adalah pelajaran kesukaan anda.

2. Belajar dengan menerapkan hobi. contohnya : jika anda mempunyai hobi balapan atau ada hubungannya dengan otomotif. terapkan pelajaran matematika, hitung diameter rota dan volume tangki. terapkan ekonomi, perhitungkan setiap biaya. terapkan IPS, bagaimana agar hobi anda tidak mengganggu yang lain. terapkan IPA, carilah bahan bakar atau onderdil yang ramah lingkungan.

3. Cari tempat yang disukai. Ada dua tipe tempat yang bisa anda pilih, karena ada pelajar yang suka belajar di tempat yang sunyi, ada juga yang tidak bisa belajar ditempat yang sepi dan sunyi. itu tergantung pada diri sendiri.

4. Belajarlah di depan foto idola anda. bayangkan kalau dia sedang memperhatikan anda belajar. biasanya cara ini sangat ampuh untuk perempuan, karena idolanya itu biasanya aktor-aktor tampan.

5. Kelompok belajar adalah solusi untuk para pelajar yang tidak bisa belajar sendiri. belajar secara kelompok bisa meningkatkan kemampuan kita dalam bersosialisasi dan mendalami setiap materi. usahakan tidak lebih dari 5 orang dan lebih dari 2 orang.

6. Belajar dengan pacar. Nah, kalau yang ini agak susah-susah gampang diterapkan. kalau anak SMP sudah pacaran, masih dianggap tidak pantas oleh banyak orangtua. kalau anak SMA, agak sulit dipercaya. mungkin mereka bilang belajar, tapi mungkin malah keluar ke mall. tapi, selama pacaran malah membuat nilai meningkat, apa salahnya? kalau membuat nilai anjlok, harus pikir-pikir lagi.

7. Belajar seperti anak TK. tapi, anda tidak usah kembali ke TK. maksudnya, anda belajar sambil bermain. permainan yang dimainkan juga harus ada kaitannya dengan pelajaran.

8. Belajar beberapa jam sebelum jam tayang utama televisi. Jika anda belajar setelah jam tayang utama televisi (jam 7-8 malam), maka tidak akan konsentrasi. kalau saat jam tayang utama, maka konsentrasi akan terpecah.
Advertisement
advertisement
Pemacu Gairah Belajar | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar:

  1. hahaha!
    Salut juga dengan postingannya mas. Anda punya gaya sendiri nih....

    *) makasi ya telah berkunjung dan meninggalkan komen di blog saya. Dan saya tetap menunggu kunjungan mas selanjutnya di sana....

    BalasHapus
  2. Makasi atas komentar, pak Anas. saya juga sangat kagum dengan blog bapak yang begitu kritis.

    Sekali lagi saya ucapkan terimakasih, dan saya harap Pak Anas bersedia kembali berkunjung. dan memberikan saran pada saya.

    BalasHapus