Dearryk Theory : Kenapa Ada Peraturan?

Advertisement
advertisement
Akhirnya setelah sekian hari tidak ada semangat menulis yang membara, hari ini semangat itu datang lagi. hal itu karena satu hal, besok sudah hari sabtu. berarti hari libur sudah semakin dekat, sayangnya setelah hari minggu. Ujian tengah semester sudah menanti, dan bisa saja kegiatan blogging akan tersendat.

Tapi, sebelum itu terjadi. saya ingin menuliskan bagian kedua, versi ketiga dari Dearryk Theory.

Bagian ini sebenarnya sebuah pertanyaan yang melayang-layang di kepala saya, awalnya saya melihatnya biasa saja. tapi, karena semenjak Taman Kanak-Kanak sudah menjadi ketua kelas. saya menyadari ini adalah sebuah hal yang menarik.

Dan pertanyaan ini semakin membengkak sejak saya menjadi anggota OSIS di SMP sekarang. pertanyaan itu adalah "Kenapa Ada Peraturan?".

Peraturan adalah kata yang cukup menakutkan bagi siswa-siswa di sekolah saya, tapi anehnya mereka malah melanggarnya. apakah peraturan dibuat memang karena harus dilanggar?

Bayangkan saja, jika seandainya tidak ada peraturan. maka tidak ada yang akan melanggarnya. bukan begitu? lalu untuk apa peraturan dibuat?

Lihat saja para wakil kita di DPR, lihat juga para pemimpin kita. apakah mereka tidak pernah melanggar peraturan sebelumnya? pasti pernah. karena itulah mereka bisa jadi pemimpin, karena mereka sudah tau mana yang salah dan mana yang benar.

Lalu kenapa sesungguhnya peraturan itu dibuat? apakah memang benar hanya untuk dilanggar? kalau begitu, percuma saja uang rakyat yang digunakan untuk membuat undang-undang.

Tapi, kita harus yakin. peraturan itu ada karena harus dipatuhi, bukan untuk dilanggar. Dunia ini akan semakin hancur jika tanpa peraturan, lalu kenapa masih ada yang melanggar?

Ini sebenarnya sebuah fakta, tapi ini juga pendapat saya.

Kenapa jika seseorang yang melanggar, sanksinya bisa berupa uang?

Karena ada keuntungan yang didapat dari pembuatan peraturan, tanpa ada yang melanggar. mana mungkin ada keuntungan dalam pembuatannya. bayangkan saja, jika orang yang kena tilang sanksinya hanya masuk penjara. kedua pihak akan rugi.

1. Polisi akan rugi karena tidak mendapatkan apapun dari orang yang telah melanggar tersebut.

2. orang tersebut akan kehilangan banyak waktunya di penjara.

Jadi, jika masih ada yang melanggar peraturan. itu normal dan harus begitu adanya.

Nah, sekarang adalah jawaban dari pertanyaan saya. Kenapa Ada Peraturan?

1. Untuk menata kehidupan kita, agar semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

2. Agar kita bisa lebih mengurangi dosa kita, karena kalau kebanyakan dosa bisa masuk neraka.

3. Peraturan dibuat agar setiap orang bisa merasa aman dan tentram hidup di dunia ini.

4. Agar semua orang yang sudah atau akan berbuat jahat, merasa jera.

5. Untuk dilanggar, karena kalau tidak dilanggar. maka tidak ada peraturan.

Baiklah, sekian jawaban saya. setuju ataupun tidak, tulis saja dibawah ya.
Advertisement
advertisement
Dearryk Theory : Kenapa Ada Peraturan? | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar:

  1. Tidak
    karena saya rasa peraturan yang dirumuskan oleh Anggota DPR itu tidak mencerminkan kepentingan orang banyak. bahkan yang ditulis tidak mengena kepada masyarakat. banyak yang dilanggar ea karena seperti itu. rakyat malah lebih suka menggunakan aturan agama dan norma yang ada dalam masyarakat karena hidup berurusan sama Tuhan dan masyarakat, bukan pemerintah. pemerintah cuma dapat uang rakyat tapi terkadang penggunaannya msih belum mengena dengan kepentingan rakyat. sehingga rakyat tidak bisa menerima. sebagian sih dan lainnya juga menerima dan mendukung. tanah dan air ini milik rakyat bukan negar...hehe...malah orasi, tapi kalau ngomongin DPR dan pemerintah banyak tidak setujunya mas...hahag...

    kalau alasan ada peraturan di atas saya sangat setuju. peraturan ada memang untuk mengatur. tapi terkadang juga perlu dilanggar. ea tidak semua saya langgar karena sedikit banyak juga saya setuju. pilih-pilih yang mau dilanggar...hehe...semoga jawaban saya memuaskan...terima kasih...thok..thok...

    *wah...jadi sepi nanti. ea semoga sukses ea mas dan nilainya kembali bagus persisi semester kemain.

    BalasHapus
  2. Wah.... orasinya hebat, mas. ada 1000 orang yang mendukung anda. selamat, anda mendapat 1000 macam komentar gratis selama 1 tahun.

    Kadang perlu dilanggar? pasti, mas. kalau tidak, kenapa orang-orang harus repot-repot buat peraturan yang tidak penting dan tidak dilanggar.

    Semoga saja, mas.

    BalasHapus