Gank Anak Sekolah

Advertisement
advertisement
Belakangan ini sering sekali terjadi tawuran antar pelajar di berbagai daerah, dan alasan tawurannya tidak jelas ataupun karena masalah sepele seperti saling ejek. Ada juga karena sudah menjadi musuh bebyutan atau punya dendam pribadi. Pokoknya, alasan yang dipakai macam-macam.

Terkadang, di sekolah-sekolah terutama SMP dan SMA. ada banyak sekali gank-gank ala anak sekolahan, ada yang anggotanya satu sekolah saja. tapi, ada juga yang anggotanya dari berbagai sekolah. Apa fungsi gank ini sebenarnya?

Kalau dari pengamatan saya, fungsi dari pembentukan gank ini adalah :

1. Sebagai wadah untuk mengumpulkan banyak orang yang memiliki tujuan, hobi dan visi yang sama.

2. Sebagai tempat untuk menjalin persahabatan yang lebih erat.

3. Untuk gaya-gayaan, karena setiap gank pasti punya wilayah dan reputasi tersendiri.

4. Sebagai tempat berlindung, pasti ada kok anggota yang bergabung justru karena takut pada gank itu. jadi, kalau dia bergabung hidupnya akan aman. benarkah?

5. Sebagai tempat mempelajari tutur sebaya, karena biasanya anak SMP dan SMA lebih percaya pada temannya dari pada orangtuanya.

Kira-kira begitulah tujuan sebuah gank dibentuk, tapi yang paling rawan adalah nomor 3 dan nomor 5. Kalau setiap gank itu punya wilayah, maka pasti akan ada yang ingin merebutnya. tapi, untuk golongan pelajar mungkin tidak separah itu. palingan wilayahnya hanya tempat nongkrong dan di belakang sekolah.

Tutur sebaya, inilah yang mengkhawatirkan banyak orang termasuk diri saya yang tergolong masih pelajar. Biasanya, anak sekolah SMP dan SMA lebih percaya pada teman dari pada orang lainnya. Kalau temannya itu menjerumuskan ke hal-hal baik, mungkin tidak apa-apa. bagaimana kalau justru dijerumuskan ke hal-hal negatif seperti narkoba?

Nah, bagaimana solusi dengan gank-gank semacam ini? haruskah dibubarkan?
Advertisement
advertisement
Gank Anak Sekolah | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar:

  1. harus!! tapi jika tindakannya negatif,,, :D

    BalasHapus
  2. Kalau tindakannya justru membantu warga masyarakat, harus didukung kan? :D

    BalasHapus