I Love You

Advertisement
advertisement
Nah, kali ini saya akan menulis tentang bahasa daerah yang paling saya sukai, yaitu Bahasa Bali. Sejak 10 Tahun yang lalu, ada sebuah slogan yang cukup dikenal di Bali, yaitu "Ajeg Bali". sudah banyak pihak yang begitu memperhatikan tentang "Ajeg Bali" ini. Kenapa? karena menurut mereka, ke"Bali"an dari Bali sudah mulai memudar dengan banyaknya budaya asing yang masuk.

Dulunya, orang Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya dikenal sebagai orang yang ramah pada turis. tapi, itu dulu. sekarang ini, orang-orang seakan acuh tak acuh pada turis yang datang. padahal, Pariwisata adalah salah satu sumber pendapatan negara kita ini. dan turis itu suka dengan orang yang ramah, bukan orang yang rendah. Ingat, ramah berbeda dengan rendah.

Sebagai salah satu Putra Bali dan Anak Indonesia. saya sungguh sedih melihat keadaan ini, makanya saya ingin melakukan sesuatu. tidak perlu hal-hal yang terlalu sulit, atau sesuatu yang terlalu rumit. saya akan memperkenalkan tentang Bahasa Bali dari "Aku Cinta Kamu".

Dalam Bahasa Indonesia : Aku Cinta Kamu
Dalam Bahasa Inggris : I Love You
Dalam Bahasa Bali : Bli Tresna Adi

Sebenarnya, kata "Bli" bukan berarti "aku". "Bli" itu artinya kakak laki-laki, sedangkan "adi" berarti adik. Lalu, kenapa "Aku Cinta Kamu" bisa menjadi "Bli Tresna Adi"?

Kalau menurut saya, hal ini terjadi karena umumnya. pasangan di Bali biasanya, yang laki-laki lebih tua dari pada yang wanita. tapi, tidak selalu begitu juga. ini hanya pandangan umum.

Saya sebenarnya ingin mengetahui "Aku Cinta Kamu" dalam berbagai bahasa daerah Indonesia, jadi saya harap ada yang mengomentari postingan ini dan memberi saya lebih banyak informasi.
Advertisement
advertisement
I Love You | Ari Kurniawan | 5

4 Komentar:

  1. nice share gan...^^
    salam knl...^^

    BalasHapus
  2. Wah, kalo bahasa sunda bingung gan. Soalnya banyak banget, dari mulai dr bahasa santun, bahasa loma (umum) dan tegeg(kasar). Bahasa untuk dewasa dan anak muda juga ada perbedaan. Istilahnya "undak unduk bahasa". Jd ada tingkatan2nya.

    tp kalo bahasa yg saya gunakan untuk "aku cinta kamu" sama pacar adalah "Urang bogoh ka maneh" - yg ini berlaku umum. Kalo secara halus "Abdi bogoh ka anjeun"

    dict:
    Urang, abdi = saya, aku
    Bogoh = Cinta
    ka maneh, ka anjeun = sama kamu

    Note: Kata 'tresna' juga ada dalam bahasa sunda. Artinya juga sama, yaitu cinta. Tp ini digunakan oleh orang tua dulu dan merupakan kata yg sangat halus. Biasanya hanya dipakai dalam karya sastra seperti puisi dan lagu.

    BalasHapus
  3. Wah.... bahasa daerah di Indonesia memang lebih sulit dari bahasa Rusia. antara orang dewasa dan anak-anak saja ada bedanya. bahasa Bali juga ada begitu, biasanya menurut kastanya.

    Terimakasih atas tambahan bahasa ini, Gen. jadi belajar bahasa Sunda ni....

    Kalau saya tidak salah, dalam bahasa Jawa. "tresna" juga berarti cinta. tapi, lebih sering dieja "tresno"

    BalasHapus