Malam Tahun Baru 2011

Advertisement
advertisement
Kemeriahan malam pergantian tahun sudah terasa sejak tadi pagi, suara terompet sudah terdengar di seluruh penjuru kota dan banyak pusat keramaian menyiapkan acara paling meriah demi menyambut malam pergantian tahun dari 2010 ke 2011.

Bahkan semenjak beberapa hari yang lalu, hampir setiap malam selalu ada kembang api yang diluncurkan secara pribadi. Nah, nanti malam akan ada pesta kembang api besar-besaran di setiap wilayah. Sayangnya, Indonesia terbagi menjadi 3 zona waktu. Jadi, kita tidak bisa menyambutnya secara bersamaan.

Kalau saya sendiri akan menyambut dalam format waktu WITA.

Sebenarnya, pesta kembang api adalah suatu pertunjukan yang biasa saja. Tapi, kenapa setiap pergantian tahun diwarnai dengan pesta kembang api yang sangat meriah?

Ada 2 arti dari pesta kembang api yang sangat meriah ini. Yaitu secara tradisional dan secara modern.


Kalau secara tradisional, kembang api adalah bunga api yang bermekaran di langit. Suaranya sangat keras dan akan terdengar suara khas saat peluncurannya.

Arti atau makna dari kembang api secara tradisional adalah mengusir segala keburukan di tahun yang lalu, caranya dengan memberikan sinar (api) di tengah malam yang gelap. Suara dari kembang api juga bermakna sama. Yang paling hebat adalah, orang-orang akan berkumpul dan bersorak ketika pesta kembang api.

Jadi, inti dari pesta kembang api secara tradisional adalah mengusir hal-hal buruk di tahun lalu dan tahun mendatang.

Sebaliknya, makna atau arti dari pesta kembang api secara modern lebih sederhana. Misalnya, kalau kita mengadakan konser musik. Orang yang berjarak ratusan meter mungkin kurang jelas melihat atau mendengarnya. Sementara kalau kita menggunakan kembang api, apalagi dengan jarak yang tinggi.

Maka, orang-orang yang ada belasan kilometer pun bisa melihatnya. Asalkan langit malam cerah. Selain itu, apa yang ditangkap oleh mata akan lebih mudah diingat karena mata dekat dengan otak (memori manusia)

Nah, itulah makna pesta kembang api secara modern dan tradisional.
Advertisement
advertisement
Malam Tahun Baru 2011 | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar: