Pisang, Banana, Biyu!

Advertisement
advertisement
Pisang, Banana, Biyu. Apa arti judul diatas? Mungkin anda berpikiran demikian bukan? Sebenarnya artinya sama saja, yaitu menunjukan buah panjang yang biasanya berwarna kuning atau hijau yang identik dengan monyet.

Pisang adalah sebutan buah itu dalam Bahasa Indonesia, Banana adalah sebutan buah itu dalam Bahasa Inggris. Sedangkan Biyu adalah sebutannya dalam Bahasa Bali.

Lalu kenapa saya membahas soal Pisang, Banana, Biyu?

Apakah anda sering makan buah yang satu ini? Apa yang membuatnya begitu spesial? Kenapa saya menuliskannya?
Pisang adalah salah satu buah yang bergizi cukup tinggi, bahkan hampir semua bagiannya bisa digunakan. Tidak percaya?

1. Buah - Sudah jelas buah pisang ini bisa dimakan, selain itu vitamin  yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Daun - Jika anda sedang kehabisan piring, daun pisang bisa digunakan sebagai alas makan. Atau ketika anda tersesat di tengah hutan, daun pisang bisa digunakan untuk pakaian atau atap rumah.

3. Batang - Pasang pohon pisang bisa digunakan dalam pewayangan, selain itu di Bali ada makanan yang dibuat dari batang pisang, namanya Jukut Ares.

4. Bongkol - Bongkol pisang ini biasanya digunakan masyarakat Bali sebagai bahan dasar Lawar, makanan khas Bali. Makanan ini punya nilai filosofi yang tinggi dan punya sejarah.

5. Jantung - Jantung pisang bisa digunakan sebagai makanan khas, saya lupa daerah asalnya. Tapi saya pernah menonton makanan yang berasal dari jantung pisang.

Selain itu, buah pisang ini bisa digunakan sebagai camilan. Khususnya untuk para atlet, buah pisang adalah penyelamat. Karena, jika mereka merasa lapar sebelum pertandingan. Mereka tidak mungkin makan nasi, karena hal itu bisa membuat mereka mengantuk atau tidak konsen pada pertandingan.

Jika mereka tidak makan, mereka akan merasa lapar dan tidak konsen juga. Jadi, Pisang adalah jawabannya. Pisang bisa menganjal perut para atlet dan memiliki 99 kalori.

Oke, lalu apa salahnya anda mulai suka makan pisang? Jangan mau kalah dengan orang-orang luar negeri sana. Ayo buat Indonesia suasembada Pisang. Yes... Hore....
Advertisement
advertisement
Pisang, Banana, Biyu! | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar