6 Hal Yang Bisa Mengalihkan Pengunjung Blog

Advertisement
advertisement
Dalam sebuah blog, tentunya ada banyak sekali widget yang tujuan mendukung blog itu sendiri. Entah dari faktor SEO ataupun non-SEO. Tapi, terkadang widget-widget yang dipasang ini bisa saja mempengaruhi sebuah blog. Mulai dari kecepatan loading hingga jumlah visitor bisa terpengaruh oleh widget ini.

Walaupun tidak ada salahnya kalau anda memasang widget, tapi jangan terlalu berlebihan. Apalagi sampai terlihat lebih mencolok dari pada isi blog anda sendiri. Karena, para pengunjung dan pembaca biasanya datang untuk sebuah isi. Bukan hanya sebuah tampilan.

Nah, agar pembaca dan pengunjung anda perhatiannya tidak dialihkan oleh yang lain. Ada baiknya anda menyimak beberapa hal yang bisa mengalihkan perhatian pengunjung dari isi blog anda.


1. Header. Walaupun header adalah ujung tombak paling atas dari sebuah blog, header ini juga bisa menggannggu karena akan terpampang jelas saat pengunjung mulai membaca isi blog anda. Bisa-bisa mereka hanya puas memandangi header lalu pergi.

Solusi : Buatlah header yang semenarik mungkin tapi tidak terlalu mencolok, agar perhatian pengunjung tidak tertuju pada header.

2. Iklan. Iklan mungkin sebuah penghasil uang dari sebuah blog, tapi kalau blog anda hanya dipenuhi iklan juga tidak baik. Ada 2 kemungkinan jika blog anda dipenuhi iklan, pertama pengunjung akan mengklik salah satunya, atau mereka akan pergi dan tidak kembali

Solusi : Batasi atau atur agar iklan di blog anda rapi dan tidak mengganggu pengunjung anda.

3. Related Post. Postingan terkait atau Related post bisa jadi salah satu pengalih perhatian pengunjung anda, tapi bagi saya pribadi hal ini justru sangat baik karena bisa menambah jumlah pageviews.

Solusi : Buat judul setiap postingan semenarik mungkin tapi jangan sampai menipu.

4. Statistik. Jika anda memiliki statistik blog yang bagus dan lengkap, hal itu bisa membuat pengunjung anda malah memperhatikan statistik anda. Tapi, bagi para pengiklan statistik adalah pintu masuk agar produknya laku atau dikenal.

Solusi : Berikan statistik yang cukup lengkap tapi jangan sampai terlalu mencolok.

5. Text atau Gambar Bergerak. Walaupun 2 hal ini adalah solusi untuk menghemat tempat di blog anda, tapi biasanya pengunjung sangat tertarik dengan sesuatu yang bergerak dan cenderung lebih memperhatikan hal itu.

Solusi : letakkan text atau gambar bergerak di bagian bawah. Kecuali iklan, masih boleh diletakkan di sidebar.

6. Komentar. Biasanya hal-hal ini terjadi di blog yang punya banyak pengunjung dan mengusung tema yang kontroversial. Tapi, walaupun mengalihkan perhatian. Komentar pengunjung bisa saja meningkatkan gairah pengunjung lain untuk memberi komentar.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa mengalihkan perhatian pengunjung blog anda. Jadi, terserah anda sekarang. Mengutamakan tampilan atau isi blog anda. Kalau masalah iklan, memang harus menarik perhatian. Tapi, jangan sampai blog anda hanya dipenuhi iklan. Nanti bisa dibanned Google.
Advertisement
advertisement
6 Hal Yang Bisa Mengalihkan Pengunjung Blog | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar