Berita Ujian Nasional 2011

Advertisement
advertisement
Ujian Nasional 2011 sudah di depan mata, karena sudah hampir dipastikan Ujian Nasional atau UN akan berlangsung pada bulan April. Untuk itulah saya sebagai siswa mulai dijejali dengan Try Out dari mana-mana, mulai dari BimBel (Bimbingan Belajar), Kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi.

Walaupun tinggal di Bali, yang bisa dikatakan sebagai Provinsi yang menempati peringkat teratas selama kurang lebih 3 tahun belakangan. Tapi, saya tidak bisa berbangga karena hal tersebut adalah hasil dari UN kakak kelas saya. Bagaimana dengan tahun ini?

Ada banyak sekali perubahan cara kelulusan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah :


1. Nilai UN tidak menjadi acuan utama lagi tapi menjadi pembantu nilai kita dalam kelulusan, selain nilai UN ada nilai Ujian Sekolah (US) dan Ujian Praktek (UP)

2. Paket Soal kemungkinan ada 4 dan berita terbaru di Provinsi Bali ada sedikit kemungkinan akan diberikan 20 paket Soal. Jadi dalam 1 kelas, tidak ada anak yang paket soalnya sama. Mungkinkah karena pemerintah sudah tidak percaya pada pihak sekolah?

3. Nilai Standar lulus UN seperti biasa meningkat, kalau dulu 5,5. Tahun ini  kemungkinan adalah 6,0.

4. Dibeberapa sekolah, US dan UP dilaksanakan lebih awal dari UN. karena sering kali US dan UP dilecehkan dan dianggap tidak ada artinya.

Ini hanya gosip dan berita yang masih sangat simpang siur, karena masalah UN masih menjadi sebuah permasalahan serius. Bahkan ada gerakan 10 juta siswa Indonesia yang menentang UN, karena mereka menganggap kalau usaha mereka belajar selama 3-6 tahun ditentukan selama beberapa hari saja.

Tapi, tanpa adanya UN. Apa yang akan dijadikan sebagai acuan?
Advertisement
advertisement
Berita Ujian Nasional 2011 | Ari Kurniawan | 5

17 Komentar:

  1. SAYA BERPENDAPAT, SEBAIKNYA NILAI STANDAR KELULUSAN JANGAN DI NAIKKAN. CUKUP SAJA 5,5

    BalasHapus
  2. Sepertinya akan tetap 5,5 untuk Tahun ini, dari komentar Pak Menteri sepertinya masih tetap. Semoga saja suara anda dan kita semua di dengar.

    BalasHapus
  3. apakah benar paket soalnya lebih dari 2?

    BalasHapus
  4. Sepertinya benar, menurut kabar yang beredar. Pusat bahkan ingin 20 paket soal, namun banyak yang tidak setuju. Berita terbaru, ada 4 atau 5 paket soal.

    BalasHapus
  5. kalau 20 paket...
    pasti di tahun 2011 ni akan banyak yang tidak lulus

    BalasHapus
  6. Ah.. tidak juga, asalkan pelajar Indonesia mau belajar dan mendapat sedikit "keberuntungan" pasti bisa lulus.

    BalasHapus
  7. Menurut saya 5-6 Paketb itu sudah sangat cukup memmbuat kami menderita. apalagi jika harus di tambahkan dengan pendidikan agama islam .ini sangat tidak adil buat kami karena di tahun ini UN menunjukkan perubahan yang sangat signifikan.
    trima ksih:)

    BalasHapus
  8. Yah, begitulah Indonesia. Saya hanya tau informasi sebatas UN untuk SMP. Namun, untuk provinsi di luar Bali. Mungkin jumlah paket soal masih 2, namun untuk di Bali 5 (SMP). Kalau untuk SMA, saya kurang tau.

    Trima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  9. pemerintah bikin susah bahkan bikin semua siswa putus asa....contohnya siswa/siswi yang gak lulus ujian pada bunuh diri, strees, apalah ......dipikir 2X?

    BalasHapus
  10. mana nda ada ujian remidial, kalo nda lulus katana kalo mau ngulank, ngulankna taon dpn, taek lah pemerintah T_T

    BalasHapus
  11. lebih baek 4 paket
    karna dary sana kita tau gmn tingkat kmampuan kita slama sekolah

    BalasHapus
  12. q suka ujian 5 paket
    tanpa bantuan dari sekolah. karna kitabisa tau tingkat kmampuan kita sjauh mana

    BalasHapus
  13. @anonim : memang tahun ini tidak ada ulangan susulan, namun sepertinya masih ada kejar paket. Atau menunggu 1 tahun lagi.

    @paraday : Memang betul kita bisa mengukur tingkat kemampuan kita sejauh mana dnegan 4 atau 5 paket, namun kalau akhirnya tidak lulus. Itulah yang akan jadi masalah.

    BalasHapus
  14. di surat kabar kok ujiannya masih 2PAKET ,kok gak ada kepastian yang jelas gini,,, itu gmn???
    Aduhhhh sulitnya jika mau ujian,kapannnnnnnn INDONESIA pelajarnya bisa maju.

    BalasHapus
  15. Di luar daerah Bali, sepertinya masih 2 paket soal yang akan diujikan mas/mbak anonim. Khusus di daerah Bali dan mungkin beberapa daerah lainnya, ada kemungkinan 4-5 soal.

    BalasHapus
  16. ajeng ratmawati31 Mar 2011 14.26.00

    tidak jg sih, di samarinda spertinya thun ini 5 pket. krna mnrut brita yg sya dpt sih begitu. n spertinya jg thun ini standar nilai msh ttp 5,5.

    BalasHapus
  17. Oh, di Samarinda juga 5 paket ya? Berarti ada kemungkinan berlaku di seluruh Indonesia. Kalau standar nilai, sepertinya memang masih sama dengan tahun lalu, tapi sistemnya yang jauh berbeda.

    BalasHapus