Blogger Itu Harus Aktif

Advertisement
advertisement
Pada tahun 2011 ini, saya sendiri ingin merubah kebiasan saya sebagai blogger. Di tahun lalu (2010), saya sangat jarang berinteraksi dengan blogger lain yang berada di luar jaringan ngeblog saya. Nah, pada tahun ini saya ingin mengubah kebiasaan saya itu. Karena saya yakin, kalau ada kemauan pasti saya bisa menemukan jaringan yang lebih luas.

Seorang blogger itu kadang-kadang harus menjemput kesempatan yang ada, kalau hanya menunggu belum tentu kesempatan itu datang 2 kali. misalnya ada kontes blog SEO ataupun non-SEO. kalau memang tertarik, kenapa tidak dicoba? Kalau menang, harus disyukuri. Kalau tidak menang, bisa menambah pengalaman dan kawan.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa dikatakan aktif sebagai blogger. Atau paling tidak dapat menambah pengalaman dan kawan.
1. Bergabunglah dengan forum-forum khusus untuk blogger. Biasanya dalam forum terdapat banyak informasi khusus yang hanya diketahui oleh member forum tersebut. Sekalian juga, anda bisa mencari kawan untuk bertukar link.

2. Beranilah mengikuti kontes. Walaupun blog anda masih baru dan anda belum mengerti apa-apa. Tapi, kontes adalah salah satu jalan pintas yang baik untuk menjadi seorang blogger yang aktif.

3. Berikanlah komentar di blog besar. Jika anda hanya membangun jaringan dari sesama blogger pemula. Anda sama saja tidak aktif, maka beranilah memberi komentar di blog-blog besar. Dan, jangan harap kunjungan balik dulu. Berikanlah komentar yang bermanfaat secara berkala, hasilnya pasti akan datang.

4. Hubungi blogger lainnya. Jika anda memberikan komentar dan tidak dibalas, lebih baik anda langsung chatting dengan si blogger atau mengirimkan email padanya. Kalau bisa, lebih baik anda menyapanya lewat email dan sekalian bertanya.

Itulah beberapa cara agar anda bisa aktif sebagai blogger, tapi seorang blogger yang benar-benar aktif jika dia menulis secara teratur, selalu membalas setiap komentar dan menjawab setiap pertanyaan dari pembacanya.
Advertisement
advertisement
Blogger Itu Harus Aktif | Ari Kurniawan | 5

3 Komentar: