Copy Writing Yang Menjanjikan

Advertisement
advertisement
Copywriting berbeda dengan Copy-Paste apalagi Copyright.

Copywriting adalah teknik menulis yang bersifat mempromosikan suatu produk atau jasa sehingga calon pembeli benar-benar merasa yakin dan tidak akan rugi jika membeli produk atau jasa tersebut.

Jika anda mau menekuni bisnis yang satu ini, anda berpeluang mendapatkan $3000-$50.000 untuk setiap jasa yang anda berikan. Tapi, tentunya anda harus benar-benar bisa menjadi seorang copywriter. Bahkan banyak sekali program yang mengajarkan anda teknik-teknik copywriting. Tinggal cari saja di Google dengan kata kunci "Copy Writing."

Sebenarnya Copy Writing ini tidak jauh beda dengan Salesman di dunia nyata, tugasnya adalah meyakinkan calon pembeli agar mau membeli produk yang ditawarkan. Nah, sekarang bagaimana caranya "menuliskan" dan "mendigitalkan" bujuk rayu seorang salesman? Itulah yang disebut Copy Writing.


Jika kita berpikir secara sederhana saja, sebenarnya tugas seorang Copywrites itu relattif mudah dan tidak ribet. Asalkan dia sudah menguasai teknik-teknik Copy Writing. Kira-kira, kalau dituliskan secara singkat tugas seorang copywriter adalah :

1. Mencari target pasar yang tepat. Jika anda ingin menuliskan tentang produk  yang bisa Mengatasi Ejakulasi Dini. Jangan coba-coba menawarkannya pada anak-anak kecil, itu sama sekali tidak akan ada gunanya. Jadi, jangan gunakan kata-kata yang terlalu gaul. Karena, target produk anda adalah pria dewasa yang telah berkeluarga.

2. Memikirkan dan Menulis Headline yang tepat. Ujung tombak pertama dari sebuah tulisan copy writing adalah judul atau headlinenya. Bagian ini harus benar-benar dipikirkan, sehingga memberikan gambaran jelas seperti apa produknya. Tapi, tidak secara rinci memberika informasi. Jangan menulis headline yang terlalu umum, tapi jangan juga yang telalu khusus.

Contoh salah :

Solusi Mengatasi Ejakulasi Dini (Terlalu Umum)

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini dalam 3 Bulan Dengan Produk dari Dokter Kuda.  (Telalu Khusus)

3. Membuat Pengunjung Mau Tak Mau Jadi Betah. Pada paragraf pertama, mulailah dengan kalimat-kalimat yang biasa dan umum. Jangan langsung menawarkan produk di paragraf pertama copywriting anda. Buatlah pengunjung harus membaca sampai akhir untuk menemukan solusi dari produk copywriting anda.

4. Menyuruh Pengunjung Membeli. Bagaimana membuat pengunjung mau membeli? Tentu dengan berbagai rayuan dan bujukan, tapi itu saja tidak cukup. Anda juga harus memberikan bukti dan berbagai fakta yang sepertinya cukup masuk akal. Kalimat yang cocok untuk menyuruh pengunjung membeli seperti ini :
Jadi, bukankah produk ini sudah memenuhi standar di Indonesia? Selain itu, sudah banyak yang merasakan manfaat dari produk ini. Anda pun bisa ikut merasakan manfaatnya, istri anda akan merasa senang begitu pun anda. Jadi, tunggu apalagi? Segeralah beli dan dapatkan kepuasan anda kembali. 


5. Testimonial dan Jaminan. Untuk semakin meyakinkan pengunjung, sebaiknya anda melengkapi tulisan anda dengan testimonial atau jaminan. Misalnya :

Jika dalam 3 bulan tidak terjadi apapun, uang anda akan kami kembalikan setengahnya.

Hanya itulah tugas seorang copywriter, tapi uang yang didapatkan hingga ribuan dollar. Jadi, bukankah bisnis ini menjanjikan?
Advertisement
advertisement
Copy Writing Yang Menjanjikan | Ari Kurniawan | 5

1 Komentar:

  1. bagus sekali tips nya, punya referensi ebook untuk copy writing?

    BalasHapus