Dukung World Silent Day 2011

Advertisement
advertisement
World Silent Day adalah salah satu gerakan yang paling realistis yang pernah saya ketahui. Ide dasar dari gerakan ini mungkin berasal dari salah satu hari raya besar umat Hindu di Bali yaitu, Hari Raya Nyepi. Tapi, gerakan ini sebenarnya sangat sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa.

Gerakan World Silent Day dilaksanakan setiap tanggal 21 Maret setiap tahunnya. Dilaksanakan dari pukul 10 malam hingga 2 pagi. Pada saat melaksanakn WSD, kita sebaiknya jangan menggunakan mobil, motor, barang-barang elektronik serta telepon genggam.

Kalau saat Nyepi ada yang namanya Catur Brata Penyepian yaitu, 4 hal yang tidak boleh dilakukan selama menyepi. Yaitu,


-Tidak Boleh Berapi-api
-Tidak Boleh Bersenang-senang
-Tidak Boleh Bekerja/Beraktifitas
-Tidak Boleh Keluar Rumah

Bahkan, Bandara Internasional Ngurah Rai harus tutup saat Nyepi. Hebat kan? Tapi, ada pengecualian untuk pecalang (polisi adat). Mereka boleh keluar untuk menjaga keamanan, itupun tidak boleh menganggu orang-orang yang sedang menyepi.

Kembali ke topik, saya sendiri sudah mendukung Gerakan World Silent Day karena sangat bermanfaat bagi bumi dan lingkungan. Jadi, kenapa anda tidak ikut mendukung juga?
Advertisement
advertisement
Dukung World Silent Day 2011 | Ari Kurniawan | 5

4 Komentar:

  1. wew, padahal saya sering nyetel musik metal kenceng2,

    ntar 21 maret ada yang kompromi gak ya, haha

    salam

    BalasHapus
  2. Tergantung aja, Yudi. Kalau mau partisipasi, sebaiknya kompromi dulu 4 jam. Kalau enggak, bantu aja dengan doa. hehe..

    BalasHapus
  3. owh...begitu ya mas, bisa dikatakan sebagai hari tanpa aktifitas biasa. mungkin hal-hal kecil saja. kalau boleh tahu sebenarnya pendiri gagasan ini dari negara mana ya?

    BalasHapus
  4. Saya juga kurang tau, mas. Tapi, sepertinya ide ini berasal dari Indonesia, khususnya di Bali. Karena ide dasarnya berasal dari Hari Raya Nyepi.

    BalasHapus