Mak Comblang atau Siti Nurbaya

Advertisement
advertisement
Orang-orang bilang, cinta itu tidak bisa dipaksakan. Tapi, disisi lain cinta adalah sesuatu yang memaksa. Nah, saya sendiri menjadi bingung dengan pernyataan macam ini, katanya cinta itu tidak boleh dipaksakan. Tapi, kenapa cinta adalah sesuatu yang memaksa? 

Couple In The Beach 
Pada jaman dahulu kala, ada yang namanya 'perjodohan'. Kalau kisah yang paling terkenal di Indonesia tentang perjodohan adalah kisah Siti Nurbaya. Dia dipaksa menikah dengan seseorang yang bahkan tidak dia cintai. Padahal di sisi lain dia sudah memiliki seorang kekasih. Mungkin inilah contoh kalau cinta itu tidak bisa dipaksakan. 

Nah, contoh cinta yang memaksa seperti ini. Misalnya anda sama sekali tidak suka membaca, sementara pasangan anda adalah seorang 'kutu buku'. Secara tidak langsung dan sedikit memaksa, anda harus menyukai membaca. Tapi, ini adalah contoh cinta memaksa yang positif. 

Ada saatnya cinta memaksa dan membuat seseorang terjerumus ke hal-hal negatif, misalnya pasangan anda (terutama laki-laki) mendapat kesempatan berduaan di tempat sepi dengan anda. Nah, anda pun bisa terpengaruh karena bujuk rayunya. Padahal, dalam hati sebenarnya anda tidak mau melakukan itu. 

Saatnya kembali ke judul. Di Indonesia dikenal juga dengan istilah Mak Comblang, entah dari mana istilah ini berasal. Si Mak Comblang ini adalah pihak ketiga yang ingin mempersatukan 2 insan manusia dalam 1 ikatan yang katanya disebut "Cinta". Tapi, saya sendiri agak kurang setuju dengan praktek umum si mak comblang. 

1. Mak Comblang selalu berusaha menampilkan kebaikan dan sisi positif dari masing-masing pasangan untuk membuat mereka berdua saling tertarik. 

2. Para Mak Comblang biasanya agak berlebihan dalam memberikan informasi (kebohongan), tujuan sama saja. Membuat kedua orang yang akan 'dicomblangin' saling tertarik. 

Jadi, bukankah mak comblang sama saja dengan penipuan? 

Tapi, saya akan setuju jika praktek mak comblang itu seperti ini. 

1. Kenalkan 2 orang yang akan 'dicomblangin' pada pasangan masing-masing. 

2. Berikan 2 orang tersebut informasi KEBURUKAN dari masing-masing pasangan. Kenapa? Kalau dia bisa menerima keburukannya, berarti dia sudah siap menerima pasangannya apa adanya. 

3. Tinggalkan pasangan tersebut dan biarkan mereka berkembang. 

Terakhir, adakah persamaan antara Mak Comblang dan Siti Nurbaya? Ada! Perjodohan bukan jawaban segalanya. 
Advertisement
advertisement
Mak Comblang atau Siti Nurbaya | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar