Memanfaatkan Facebook Untuk Promosi Blog

Advertisement
advertisement
Jaman sekarang ini, siapa sih yang tidak punya facebook? Jejaring sosial ini seperti KTP kita di internet, saat menemukan orang baru di forum, milist atau game online. Pasti yang diminta adalah alamat Facebook. Dan yang lebih DASYAT lagi, remaja jaman sekarang menghabiskan banyak waktunya hanya untuk tampil 'online' di facebook.

Jadi, facebook adalah sebuah ladang emas untuk mempromosikan blog anda. Tapi, bagaimana memanfaatnya agar benar-benar membuat blog kita dikenal di facebook. Sebenarnya ada banyak cara, tapi tidak semua cara bisa berhasil dan bahkan hanya akan membuang waktu anda.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan blog anda di facebook.
1. Gunakan profil anda.  Pada menu edit profil, anda akan diberikan pilihan untuk mengisi situs web anda. Maka, isilah dengan alamat blog anda. Tapi, sayangnya sangat jarang orang yang mau membuka dan mengetahui situs web anda.

Solusi : Pasang foto cowok ganteng/cowok cantik yang menarik perhatian.

2. Kirim pesan atau tautan ke semua teman anda. Jika anda punya banyak teman, 'manfaatkanlah' mereka untuk menjadi pengunjung 'musiman' anda. Carilah waktu dimana banyak teman anda yang online dalam waktu bersamaan. Lalu kirim pesan atau tautan kepada mereka semua. Tapi, hati-hati ada akun yang pernah di blokir facebook karena dianggap spam. Masalahnya dia mengirim pesan kepada 1000 orang lebih dalam 1 waktu.

Solusi : kirim pesan dan tautan dalam waktu berkala.

3. Bergabung dengan grup. Carilah grup yang ada hubungannya dengan blog anda, atau bergabunglah dengan komunitas blogger. Ada sedikit rahasia dalam cara ini, jika anda mengirim tautan ke komunitas blogger, usahakan berisi ajakan tukar link. Tapi, biasanya akan sedikit yang berkunjung karena mereka juga blogger yang menginginkan pengunjung.

Jadi, lebih baik anda mengirim tautan ke grup yang ada hubungannya dengan blog anda. Misalnya blog anda tentang tutorial blogging, usahakan kirim tautan ke grup pelajar, otomotif, atau bahkan agama.

4. Gunakan aplikasi networkedblogs. Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa anda gunakan menghubungkan antara blog dan facebook anda, tapi aplikasi yang satu ini bisa dikatakan sebagai yang terbaik. Aplikasi ini bisa mengirimkan setiap update blog anda ke profil anda atau fanpage blog anda.

Nah, itulah beberapa cara memanfaatkan facebook untuk promosi blog anda.
Advertisement
advertisement
Memanfaatkan Facebook Untuk Promosi Blog | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar