Pihak Yang Diuntungakan Saat UN

Advertisement
advertisement
Ujian Nasional atau UN tidak hanya membawa hal-hal buruk, ada banyak pihak yang diuntungkan karena pelaksanaannya. Walaupun masih banyak yang tidak setuju dengan UN, tapi kalau UN tidak diadakan apa yang akan dijadikan acuan dalam meluluskan siswa?
Lagi Ujian

Kembali ke topik, apakah anda ingin tau pihak mana yang saja yang diuntungkan oleh UN? Yuk lanjutkan membaca. 


1. BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Ini adalah pihak yang bertanggung jawab penuh terhadap UN, karena BSNP memiliki kewenangan untuk mengadakan Ujian Nasional. Kenapa mereka untung? Kalau seandainya tidak ada UN, tugas mereka mungkin sedikit lebih ringan dan mungkin gaji karyawannya juga sedikit lebih berkurang.

2. BimBel (Bimbingan Belajar). Ada berapa banyak bimbingan belajar di Indonesia? Mungkin ada ratusan, tapi yang terkenal secara nasional hanya beberapa. Hampir setiap bimbel sama, salah satu paket yang ditawarkan adalah "LULUS UN". Hal ini tentunya menarik minat para siswa dan orangtua untuk mengikuti BimBel. Jadi, pastilah mereka untung.

Apalagi kalau anak-anak BimBel tersebut sudah terbukti mendapat nilai yang bagus saat UN tahun sebelumnya.

3. Perusahaan Alat Tulis. Untuk di Indonesia, Ujian Nasionalnya menggunakan sistem pilihan ganda. Dan setiap siswa diharuskan menggunakan pensil 2B untuk menghitamkan setiap buletan yang ada. Kalau salah harus dihapus dengan karet 'berstandar'. Anehnya, saat UN harga pensil 2B dan karet penghapus bisa naik hingga 2 kali lipat.

4. Toko Buku dan Alat Tulis. Sama seperti perusahaan alat tulis, toko buku dan alat tulis juga mendapat keuntungan yang sangat besar ketika UN datang. Bahkan penjualan mereka bisa naik hingga 30% saat UN sudah semakin dekat.

5. Penerbit Buku. Saya sendiri sudah mendapat banyak buku-buku untuk menghadapi UN, dan harga bukunya lumayan terjangkau. Tapi, jika dikalikan dengan jumlah siswa di sekolah saya. Mungkin mencapai belasan juta. Kira-kira berapa keuntungan penerbit buku itu ya?

6. Percetakan. Mungkin inilah salah satu pihak yang paling diuntungkan karena Ujian Nasional, kenapa? Mereka mendapat keuntungan yang berlipat-lipat. Pertama dari mencetak buku-buku persiapan dan pemantapan UN, lalu mencetak soal-soal pemantapan dan terakhir mencetak Soal-soal Ujian Nasional.

7. Penipu. Sudah biasa kita mendengar atau membaca berita kalau ada yang tertipu dengan soal-soal dan kunci jawaban palsu yang diberikan penipu. Padahal sudah membayar jutaan rupiah, tapi soal-soal dan kunci yang diberikan ternyata palsu. Jadi, jangan percaya dengan kunci. Kalau dengan soal, tidak usah membeli. Di internet tinggal di download.

8. Oknum terntentu. Inilah salah satu faktor kenapa ada Gerakan Pelonakan UN, karena soalnya gampang sekali bocor. Siapa pelakunya? Pastinya oknum tertentu. Dan biasanya, keuntungan dari oknum nakal ini bisa mencapai belasan juta setiap tahunnya.

Nah, itulah pihak-pihak yang menurut  saya diuntungkan karena pelaksanaan Ujian Nasional.
Advertisement
advertisement
Pihak Yang Diuntungakan Saat UN | Ari Kurniawan | 5

1 Komentar:

  1. aya-aya wae.. ui tampaknya g s7 ya ma plksnaan UN

    BalasHapus