Tipe Pengawas UN

Advertisement
advertisement
Pengawas adalah bagian cukup kontroversial dalam Ujian Nasional. Jika pengawasnya baik dan mau sedikit 'bersahabat' maka kita dengan mudah bisa melakukan trik mencontek.

Tapi, kalau kita sedikit sial maka akan mendapat pengawas kelas killer, yaitu pengawas yang sulit dikelabuhi dan tidak ada ampun.

Nah, agar kita bisa mengetahui tipe pengawas kita nanti, berikut ini adalah tipe-tipe pengawas UN dan ciri-cirinya.


1. Pengawas Polos. Pengawas seperti ini biasanya yang paling 'bersahabat', mereka biasanya tidak galak dan hanya menyuruh kita diam selama UN. Mereka biasanya membiarkan kita mencontek asalkan tidak terlalu ketahuan dan terlihat. Sialnya, pengawas tipe ini sangat langka. hanya 1 dari 100.

Ciri :
-Tampang baik dan rapi
-Sering keluar kelas
-Sibuk sendiri
-Jarang memeriksa siswa
-Sering menyuruh diam

2. Pengawas Biasa. Pengawas biasa adalah pengawas yang biasa saja. Mereka tidak terlalu baik dan tidak terlalu galak. Mereka hanya melaksanakan tugasnya sesuai aturan yang ada (pengawas taat aturan). Mereka juga tidak segan mengambil hasil ujian siswa yang terlalu sering mencontek atau mengganggu.

Ciri :
-Rapi, baik, wangi (seperti guru biasa)
-Sesekali keluar kelas
-Memperhatikan peserta ujian sesekali
-Mengecek LJK peserta UN

3. Pengawas Galak. Pengawas ini seperti kata pepatah "Air Beriak tanda tak dalam" tapi bisa juga seperti kata pepatah lainnya "Air tenang menghanyutkan". Jadi, kalau dia  galak pada kita belum tentu dia akan menyulitkan. Tapi, kalau pun tampangny polos belum tentu dia bisa 'bersahabat'.

Ciri :
-Tampang agak serem
-Suaranya keras dan galak
-Jarang senyum
-Matanya tajam ke arah peserta

4. PENGAWAS KILLER!. Inilah yang patut kita waspadai, tipe pengawas killer tidak bisa diajak kompromi. Dia memang terlahir sebagai pengawas UN. untungnya, jumlah pengawas ini sama langkanya dengan pengawas polos.

Ciri :
-Tampang tidak bisa menjadi patokan
-Suara juga tidak bisa menjadi patokan
-Senyum tidak bisa menjadi patokan
-Sikap tidak bisa menjadi patokan
-Tidak segan pada siswa yang mengganggu atau mencontek
Advertisement
advertisement
Tipe Pengawas UN | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar