Kembali Dengan Semangat Baru

Advertisement
advertisement
Tidak terasa sudah beberapa hari ini saya tidak mengupdate blog ini, Anehnya blog ini masih saja ada yang mengunjungi. Mungkin karena sudah terkenal kali ya. :)

Nah, sekarang saatnya saya kembali menulis di blog ini.

Untuk tulisan kali ini mungkin tidak akan terlalu berarti karena saya masih malas menulis di blog pribadi ini. Namun, saya sangat ingin membangkitkan kembali blog ini ke masa jayanya. Okelah, kali ini saya akan membahas tentang Ogoh-ogoh.

Ogoh-ogoh? apa itu?


Kalau bicara soal sejarah dan definisinya sangatlah sulit dijelaskan, hal ini karena perkembangan jaman dan posisi Bali sebagai daerah pariwisata. Kalau anda ingin melihat ogoh-ogoh, datang saja ke Bali beberapa minggu sebelum Nyepi. atau, anda bisa datang ke rumah saya pada tanggal 4 Maret 2011 dan kita bersama-sama bisa mengarak dan menonton ogoh-ogoh.

Ogoh-ogoh itu mirip seperti ondel-ondel yang ada di Jakarta sana. Bedanya, Ogoh-ogoh hanya diarak pada hari Pengerupukan (1 hari sebelum Nyepi). Bentuk ogoh-ogoh itu biasanya menyeramkan dengan wajah yang sungguh seram, ditambah lagi diaraknya pada petang hari.

Kenapa Ogoh-ogoh bentuknya seram?


Dari informasi yang saya tau, ogoh-ogoh itu adalah visualisasi bhuta. Bhuta itu bukan kekuatan jahat, tapi kekuatan negatif. Dan bisa juga dikatakan kekuatan alam. Apakah kekuatan alam itu menyeramkan? Iya! Kekuatan alam itu adalah kekuatan yang menyeramkan KALAU berlebihan. Contoh : Tsunami, Letusan Gunung Berapi dan Gempa Bumi.

Lalu apa hubungannya dengan Nyepi? 

Sebenarnya tidak ada hubungan langsung dengan Hari Raya Nyepi, tradisi mengarak ogoh-ogoh dimulai pada tahun 80'an. Biasanya ogoh-ogoh ini dibuat oleh para pemuda di suatu dusun dan pada akhirnya akan dibakar sebagai simbol penetraliris kekuatan alam.

Apakah Dearik membuat Ogoh-ogoh?


Tentunya iya, bahkan saya akan memberikan foto-fotonya pada anda. Namun, karena sekarang baru rampung 60%. Jadi, saya akan berikan setelah tanggal 5. Oke?
Advertisement
advertisement
Kembali Dengan Semangat Baru | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar:

  1. ya seperti yang mas bilang,
    blognya udah terkenal,
    jadinya saya mampir deh..

    hehe

    salam

    BalasHapus
  2. Blog ini sudah terkenal ya? Semoga saja demikian mas Yudi. hehe...

    Salam juga mas Yudie.

    BalasHapus