3 Keuntungan Memiliki Blog Berbahasa Indonesia

Advertisement
advertisement
Entah kenapa, ada beberapa blogger yang terkesan "meremehkan" blog berbahasa Indonesia. Mungkin karena selama ini belum pernah terpublikasi tentang blog berbahasa Indonesia yang sukses dan mendapatkan banyak uang dari dunia internet. Selain itu, alasan vitalnya adalah blog berbahasa Indonesia belum terlalu diterima di program-program penghasil uang di internet.

Selain itu, kalau dilihat dari segi Google Adsense-nya. Nilai klik dari pengunjung asal Indonesia hanya beberapa cent saja. Tapi, kalau pengunjung asal negara seperti USA, Inggris dan Kanada. Bisa-bisa 5 dollar per kliknya. Wow... Beda jauh ya?

Tapi, tunggu dulu. Saya punya 3 Kelebihan Blog Berbahasa Indonesia dibandingkan dengan blog-blog yang menggunakan bahasa asing seperti Inggris, Jepang dan Spanyol. Namun, saya tidak pernah melarang anda untuk membuat blog dalam bahasa asing. Oke?


1. Potensi pasar yang lebih BESAR. Coba bandingkan antara Benua Asia dan Eropa, mana yang lebih besar? Jelas Asia. Nah, dari perbadingan sederhana seperti itu saja kita sudah bisa mengetahui kalau potensi pasar blog berbahasa Indonesia itu cukup besar.

Selain itu, Indonesia itu punya banyak sekali penduduk yang pandai-pandai. Masak tidak mungkin suatu hari nanti akan lahir sebuah program menghasilkan uang dari Internet yang bisa menyaingi Google Adsense dan kawan-kawannya.

Kalau tidak salah, Indonesia punya pertumbuhan pengguna internet yang terus meningkat tajam setiap tahunnya. Bukankah itu merupakan sebuah alasan tepat tentang kelebihan blog berbahasa Indonesia?

2. Masih banyak PELUANG. Begini contohnya, di luar negeri sana. Kalau kita ingin berbelanja sudah ada Amazon, kalau mau mencari ilmu ada Wikipedia, kalau mau mencari uang ada Google Adsense dkk. Sementara di Indonesia, hal-hal seperti itu masih kurang.

Untuk berbelanja memang sudah ada TokoBagus dan Berniaga tapi masih banyak sekali peluang. Bayangkan saja dari sekian juta penduduk Indonesia. Banyak sekali peluang usaha yang belum digali dari Internet di Indonesia. Dengan kata lain, pesaing anda masih sedikit. Berbeda dengan di luar negeri dimana anda memiliki banyak sekali pesaing.

Nah, dari pada peluang itu keburu diambil oleh para bule. Kenapa tidak kita saja yang memanfaatkannya?
Betul tidak?

3. Indonesia Mengandalkan Pariwisatanya. Apa hubungannya?

Begini lho, rata-rata para bule yang datang ke Indonesia itu berasal dari Australia, Jepang, Perancis, Belanda, Inggris dan Rusia.(Negara dengan nilai Klik Tinggi) Nah, kelebihannya Indonesia adalah membuat para bule itu kecanduan untuk datang lagi dan lagi.

Bule itu punya tipe yang suka belajar, jadi besar kemungkinan mereka akan sedikit-sedikit belajar bahasa Indonesia seperti "Selamat Pagi", "Selamat Siang", "Terimakasih", "Bagus" dan lain-lain. Nah, saat mereka kembali ke negaranya mereka sudah punya bekal sedikit tentang bahasa Indonesia.

Andaikan saja mereka menemukan sebuah blog/situs yang menggunakan bahasa Indonesia dan penasaran dengan isinya. Mungkin saja mereka akan menggunakan Google Translate untuk membantu mereka mengerti arti dari blog tersebut.

Dan kalau memang menurut mereka bagus, para bule juga punya kebiasaan baik lainnya. Untuk menunjukan rasa terimakasihnya. "Biasanya" para bule tidak segan untuk mengklik iklan yang ada di blog tersebut.

Kira-kira begitulah 3 keuntungan memiliki blog berbahasa Indonesia. Kalau ada yang salah, mohon saran dan kripiknya.
Advertisement
advertisement
3 Keuntungan Memiliki Blog Berbahasa Indonesia | Ari Kurniawan | 5

1 Komentar: