Kiat-kiat Mencari Template Blogger

Advertisement
advertisement
Sambil belajar Bahasa Inggris, saatnya saya sedikit berbagi informasi pada anda. Sebenarnya ini bukan informasi baru, tapi saya rasa perlu untuk sekedar berbagi pengalaman saya. Ya.. walaupun kalau dibandingkan dengan anda, mungkin pengalaman hidup saya masih kalah jauh.

Bagi sebagian blogger, template mungkin dianggap tidak terlalu penting. Apalagi bagi blogger yang kurang serius dan hanya ikut-ikutan, paling tidak mereka akan menggunakan template default blogger atau sekedar menggunakan template yang banyak digunakan blogger lain.

Tapi, kalau dipikir-pikir. Template itu sangat penting untuk 'kesan pertama' pada para pembaca kita. Misalnya seperti ini :

Ada seseorang yang sedang mencari informasi tentang blog di mesin pencari, anggap saja dia calon blogger baru.  Singkat cerita dia menemukan beberapa blog dengan mengetikan kata kunci "blog bagus". Karena penasaran, dia pun akan mengecek beberapa blog yang ada di urutan pertama, kedua dan ketiga.

Saat dia merasa kalau blog kedua lebih bagus, maka dia akan lebih memilih blog kedua. Walaupun pada kenyataannya blog pertama memberi informasi yang lebih lengkap. Jadi, template itu selain juga untuk SEO, tampilan dan nilai jual. Template juga harus bisa memberi kesan pertama yang baik.

Nah berikut ini adalah kiat-kiat mencari template blogger ala DeArryk :

1. Carilah template yang pas dengan tema blog anda. Kalau tema blog anda tentang otomotif, ada baiknya jangan gunakan template yang bertema gitar dan chord.

2. Perhatikan faktor SEO. Bagaimana pun anda memandang SEO, tapi faktor SEO tetap tidak bisa diabaikan. Jadi, usahakan memilih template yang SEO friendly.

3. Jangan pilih siput. Pengunjung anda mengakses internet dengan kecepetan akses yang berbeda, jadi usahakan untuk memilih template yang ringan sehingga tidak memerlukan waktu loading yang lama walaupun pengunjung anda menggunakan akses pas-pasan seperti saya.

4. SIM. Kepanjangannya adalah Sederhana, Indah dan Mudah dimodifikasi. Carilah template yang sederhana dalam artian tidak terlalu ribet dengan belasan gambar, tapi tetap indah bila dipandang. Selain itu, usahakan jika anda memilih template yang mudah dimodifikasi sehingga kalau anda menginginkan suatu perubahan, anda tidak perlu mengganti template.

5. Perhatikan Footer. Mungkin hanya sebagian blogger yang memperhatikan bagian footer blog mereka, jika anda menggunakan template gratisan. Para desainer biasanya memberikan link di bagian footer template, sayangnya ada beberapa desainer yang menjejali bagian footer dengan belasan link. Sehingga terlalu banyak link yang keluar.

Jika anda menghapusnya, itu sama saja artinya anda tidak menghargai hak cipta orang lain. Karena link itu adalah simbol rasa terimakasih kita pada mereka. Tapi, kalau terlalu banyak juga tidak baik. Jadi, saran saya pilihlah template yang paling banyak berisi 4 link dari desainernya.

Nah, sekian saja kiat dari saya. :)
Advertisement
advertisement
Kiat-kiat Mencari Template Blogger | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar