Pentingnya Sebuah Reputasi

Advertisement
advertisement
Reputasi adalah sesuatu yang sangat berarti bagi hampir semua orang. Tapi, kali ini kita akan membahas bagaimana sebuah reputasi sangat berpengaruh terhadap usaha dagang atau bisnis seseorang. Dalam kasus ini kita khususkan lagi pada usaha dagang dan bisnis di Internet.

Jaman sekarang ini, banyak sekali orang yang memanfaatkan internet sebagai tempat membuka usaha. Ada yang sekedar mempromosikan usaha mereka di Internet, tapi ada pula yang 100% usahanya dilakukan dengan media internet.



Ada beberapa pengusaha yang melakukan usaha dengan bantuan pihak kedua, misalnya lewat Google Adsense, Amazon, Afiliasi, ataupun yang lainnya. Ada pula yang melakukan usahanya secara langsung, artinya mereka langsung berinteraksi dengan pembeli.
Tapi, dimana ada peluang untuk memperoleh kesuksesan. Disana juga ada peluang untuk melakukan kejahatan. Sudah bukan rahasia lagi kalau di internet banyak sekali yang namanya penipu, ada penipu yang sekedar mencari sensasi hingga penipu yang merugikan orang lain.

Terlepas dari banyaknya penipu dan kasus penipuan. Mulailah bermunculan forum-forum di internet yang secara tidak langsung juga memberikan kesempatan untuk berdagang. Contohnya adalah KasKus FJB.

Saya rasa, berjualan di dalam forum jauh lebih aman dari pada berjualan secara mandiri. Selain itu, kemungkinan untuk mendapat pengunjung (bukan pembeli) lebih besar juga. Walaupun anda tidak mendapat pembeli, setidaknya anda bisa mendapat banyak pengunjung sebagai jasa promosi gratis.

Sayangnya, untuk mendapat banyak pembeli yang bersedia dan mau membeli barang atau jasa anda. Anda harus membangun reputasi yang bagus sebagai penjual dulu. Caranya? Mungkin, mulailah berjualan hal-hal kecil dulu. Atau kalau anda menawarkan jasa, anda bisa mencoba memberikan jasa anda secara gratis kepada beberapa orang yang anda anggap pantas.

Misalnya, anda menawarkan momod (moderator) untuk mencoba jasa anda. Dan kebetulan si momod sedang butuh jasa seperti itu. Jika pada akhirnya momod merasa puas dengan layanan anda dan menjadikan anda penjual yang direkomendasikan olehnya (recommended seller) maka bersiaplah menghadapi serbuan calon pembeli.

Jadi, membangun sebuah reputasi itu sangat penting demi mendapatkan kesuksesan. Jangan pernah menipu dan mengecewakan pelanggan adalah kata kuncinya.
Advertisement
advertisement
Pentingnya Sebuah Reputasi | Ari Kurniawan | 5

3 Komentar:

  1. Inget kata Cosa Aranda dulu... yang namanya bisnis internet modalnya kepercayaan... :) salah satu kegunaan reputasi adalah untuk meningkatkan kepercayaan terhadap kita di internet sehingga lebih merasa nyaman dalam melakukan transaksi.. :)

    BalasHapus
  2. Betul tu, sob. Kepercayaan di Internet seakan menjadi barang berharga, sama saja dengan yang namanya kejujuran kita saat berbisnis di Internet.

    Kalau kepercayaan (reputasi) sudah didapat. kita akan berbisnis dengan nyaman dan pembeli juga akan merasa lebih aman.

    BalasHapus
  3. Di FJB memang reputasi itu sangat penting. Temen saya yang punya reputasi bagus juga gampang banget jualan di sana. Jadi seperti gambaran umum dari sebuah sistem perdagangan global. Makin banayk testi bagus makin tinggi kepercayaan dan makin tinggi reputasinya.

    BalasHapus