6 Cara Mencari Penggemar Online

Advertisement
advertisement
Sudah lama saya tidak menulis tentang dunia promosi, mungkin karena akhir-akhir ini saya disibukan dengan pencarian alat-alat dan perlengkapan Pra-MOS, Persiapan Hari Raya Galungan dan Kuningan serta kasus-kasus di dunia maya seperti Google +, Google Panda dan kasus di KasKus.

Belakangan ini, saya melihat kalau banyak sekali bermunculan aktris, aktor, selebritis dan band yang tiba-tiba bisa muncul begitu saja dengan penggemar yang sudah begitu banyak. Tapi, jika kita sudah terbiasa berjalan-jalan di dunia maya, sepertinya hal itu bukan hal yang aneh.



Sekarang ini, mencari penggemar secara online adalah salah satu jalan terbaik dan tercepat mendapatkan penggemar. Kali ini, saya akan membahas bagaimana caranya mencari penggemar secara online, tapi agar topiknya tidak kemana-mana dan postingan ini bisa menjadi terlalu panjang. Maka saya khususkan bagi band atau yang berhubungan dengan musik saja.

1. Buatlah nama yang unik, mudah diingat dan mudah dibaca. Saya sendiri adalah pecinta musik, tapi biasanya saya akan menilai suatu band hanya dari namanya saja dulu, kalau namanya sudah menarik mungkin saya akan membaca info-info lebih lengkap tentang band tersebut. Kalau anda adalah penyanyi, siapkan 'nama panggung' anda. Oke?

Misalnya, nama band-band yang menarik perhatian saya seperti King of Panda, Rocket Rockers dan lainnya.

2. Mulailah dari jejaring sosial. Percaya atau tidak, kebanyakan target pasar band-band sekarang adalah anak muda. Sangat jarang ada band yang menargetkan penggemarnya berasal dari anak-anak atau kakek-nenek. Paling tidak, mereka menargetkan penggemar dari kalangan muda atau semua kalangan.

Jadi, salah satu tempat menemukan pasar potensial itu adlaah di jejaring sosial. Kalian (para band) bisa memanfaatkan Facebook, Twitter bahkan forum-forum seperti KasKus. Pokoknya, buat nama band kalian dikenal dulu.

3. Berikan bukti bahwa kalian layak mendapat penggemar. Hal terpenting dari sebuah band adalah kualitas musik mereka. Percuma saja kalau seorang jago promosi yang mempromosikan band kalian, kalau kenyataan band kalian tidak punya kualitas yang disukai penggemar. Jadi, berikan BUKTI bahwa band kalian layak digemari.

4. Gratisan selalu dinanti. Bayangkan, bagaimana rasanya jika saat anda manggung ada ratusan orang yang ikut menyanyikan lagu anda. Walaupun saya belum pernah merasakan sensasinya, tapi menurut beberapa 'artis' yang saya kenal, mereka merasa sangat senang bahkan merinding saat hal itu terjadi.

Nah, untuk itulah. Ada baiknya kalian para band memberikan hasil karya kalian dalam bentuk yang bisa didownload seperti dalam bentuk MP3 yang berukuran cukup kecil 1-5 MB. Walaupun tidak mendapat keuntungan apapun, setidaknya para pendengar bisa selalu mendengarkan lagu-lagu kalian.

Atau kalian bisa memberikan video eksklusif yang hanya bisa didownload oleh penggemar, atau wallpaper yang khusus dibuat untuk penggemar.

5. Selalu dekat dengan penggemar. Tidak peduli berapa pun jumlah penggemar fan pages kalian di Facebook, buatlah kesan kalau kalian selalu dekat dengan penggemar kalian. Jangan jadi 'kacang lupa kulitnya'. Mungkin, sehari sekali sapalah para penggemar kalian. Berikan apresiasi atas dukungan mereka.

6. Jadilah sedikit resmi dan profesional. Siapa bilang kalau official website itu tidak penting bagi sebuah band? Kalau menurut saya itu adalah hal yang sangat penting untuk menunjukan seserius apa kalian dalam industri musik. Tidak peduli apakah kalian band indie yang masih minim pengalaman atau band yang sudah punya nama. Website resmi bisa diisi dengan hal-hal yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Bisa juga untuk lebih memperkenalkan penggemar dengan setiap anggota band.

Selain itu, dalam website resmi ada baiknya diisi dengan info-info penting seperti bagaimana cara memesan band kalian untuk tampil dan kontak yang bisa dihubungi.

Nah, itulah 6 Cara Mencari Penggemar secara Online. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan saja. Atau mungkin mau bertanya, silakan juga di kotak komentar.
Advertisement
advertisement
6 Cara Mencari Penggemar Online | Ari Kurniawan | 5

4 Komentar:

  1. setuju...yang tidak perlu dilupakan tentunya adalah kualitas,kontent atau isinya sendiri. Sekuat apapun kita melakukan upaya promosi kalau memang kontentnya tidak menarik, maka pasti orang juga tidak akan tertarik....( kasim, http://muhammadkasim-global.blogspot.com)setuju...yang tidak perlu dilupakan tentunya adalah kualitas,kontent atau isinya sendiri. Sekuat apapun kita melakukan upaya promosi kalau memang kontentnya tidak menarik, maka pasti orang juga tidak akan tertarik....( kasim, http://muhammadkasim-global.blogspot.com)

    BalasHapus
  2. sory deh... udah d hpus artikelnya hahahaa...

    BalasHapus
  3. @Eggy : Gak masalah kok mau copy-paste, asalkan kasi link balik aja ke artikel aslinya.

    BalasHapus
  4. mau nanya gimana sih agar dapat backlink banyak??

    BalasHapus