Belajar Sejarah Cara Beda

Advertisement
advertisement
Belajar sejarah memang hal yang membosankan bagi kebanyakan siswa sekolah, termasuk saya. Semenjak saya mengenal pelajaran sejarah untuk pertama kalinya, saya memang sering bahkan selalu bosan jika belajar soal sejarah.

Padahal, pelajaran sejarah adalah salah satu pelajaran yang sangat penting dan 'sebenarnya' memiliki sisi menarik yang terkadang juga menggelitik kita untuk mempelajarinya. Saya sendiri sejujurnya sangat malas untuk belajar sejarah di sekolah, hal pertama yang membuat saya malas adalah karena saya harus menghafal banyak sekali hal-hal tentang sejarah hanya untuk sebuah nilai.

national treasure

Terkadang, belajar sejarah sangat menyenangkan bagi saya. Tidak perlulah kita mempelajari sejarah peradaban yang hilang seperti Atlantis, ataupun mempelajari kehidupan orang-orang di kota Sparta. Ataupun misteri seputar penembakan Presiden Amerika, John F Kennedy.
Coba mulai dari sejarah yang paling mudah yang bisa kita selidiki, mulailah dari keluarga. Saya sendiri suka mempelajari sejarah keluarga saya sendiri, hasilnya pun sungguh mengesankan. Saya pernah menemukan sebuah silsilah yang bahkan selama ini belum saya ketahui. Dan yang paling keren, saya mengetahui letak 'harta karun' saya saat masih kecil. Sayangnya, 'harta karun' itu tidak bisa digali karena berada di dasar pondasi sebuah gudang.

Salah satu cara lain mempelajari sejarah adalah dengan menontonnya. Saat saya menulis postingan ini, saya sedang menonton salah satu film yang membuat jantung berdebar sekaligus otak saya bekerja. Yaitu, National Treasure. Sebenarnya ada 1 film lagi yang bahkan lebih membuat saya kagum yaitu The Da Vinci Code.

Ya, walaupun kita bisa menebak kalau semua yang ada di film hanya dibuat untuk kepentingan hiburan semata dan sangat sedikit kemungkinan benarnya. Tapi, setidaknya dari film-film seperti itu kita bisa belajar sedikit tentang sejarah.

Dalam sejarah, masih ada misteri dan perdebatan. Contohnya saja, bagaimana dinosaurus bisa punah??? Apakah karena penyakit? Pamanasan Global? Banjir besar? Meteor??

Jadi, mulailah belajar sejarah dengan cara yang berbeda. Siapa tau anda akan menemukan hal-hal menarik tentang sejarah. Dan, siapa tau anda bisa membuat sebuah sejarah yang akan dikenang.

Jika anda suka bermain teka-teki, mungkin anda akan sangat menyukai sejarah. Apalagi sejarah yang belum jelas terkuak, jadi jangan hanya memandang pelajaran sejarah sebagai pelajaran yang membosankan, karena dibalik bosannya belajar sejarah ada keasyikan mengetahui sesuatu. :)
Advertisement
advertisement
Belajar Sejarah Cara Beda | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar