Copy Writing : Antara Menipu dan Menarik

Advertisement
advertisement
Sepertinya sudah cukup lama saya tidak berbagi soal teknik-teknik menulis, maklumlah saya sendiri juga kurang menerapkan teknik-teknik itu dalam menulis di blog ini. Tapi, siapa tau apa yang akan saya bagi bisa bermanfaat bagi anda semua. Kalaupun nantinya tidak ada manfaatnya bagi anda, setidaknya bisa menambah pengetahuan bukan? :)

Salah satu 'teknik menulis' yang sering saya gunakan dan mungkin juga banyak digunakan oleh penulis lain adalah copy writing. Sebelum saya terangkan lebih lanjut, mungkin anda harus mengetahui sedikit tentang apa itu copy writing.

Menurut Wikipedia : 

Copy Writing adalah penggunaan kata-kata untuk mempromosikan orang, bisnis, pandangan atau ide.



Menurut CopyBlogger.com (situs rujukan belajar copy writing) : 

Copy Writing adalah salah satu elemen yang paling penting dari pemasaran online yang efektif. Seni dan ilmu tanggapan langsung copy writing melibatkan  kata-kata menyampaian yang strategis (baik tertulis atau lisan) yang membuat orang mengambil suatu tindakan

Kalau anda mau melihat contoh penerapan copy writing, anda bisa melihatnya di direct-email, judul, lirik lagu jingle, iklan online, siaran pers, papan reklame, brosur, surat penjualan (sales letter).

Menurut saya, hal terpenting dalam teknik copy writing adalah bagaimana kita bisa menulis sebuah judul dan paragraf pembuka yang sangat menarik perhatian orang, bahkan jika orang itu tidak mengerti topik apa yang akan kita bahas. Sebelum kita membaca isi sebuah bacaan, pastilah kita akan membaca judulnya bukan? Nah, jika kita bisa membuat judul yang menarik, pasti banyak orang yang akan tertarik membacanya.

Mungkin anda mulai bertanya, bagaimanakah sebuah judul yang bisa menarik perhatian orang banyak? Apakah harus panjang dan deskriptif atau pendek tapi padat?

Yang saya dapatkan dari CopyBlogger, panjang pendeknya suatu judul tulisan tidak begitu berpengaruh. Karena, setiap topik tentu perlu judul yang lebih sesuai bukan?

Contohnya, berikut ini 2 judul tulisan yang menggunakan copy writing :

Bagaimana Hobi Ngeblog Membuat Saya Mundur Dari Pekerjaan Sebagai Manajer Perusahaan Asing.

Apakah Anda Takut Kaya?


Kedua judul tulisan tersebut bisa dikatakan merujuk pada tulisan dengan topik ; menghasilkan uang dari ngeblog. 


Kesimpulan saya pribadi, teknik copy writing itu tidak bisa dipelajari dalam beberapa menit saya. Melainkan harus diasah. Tapi, sebagai pembaca tentunya anda memiliki pengalaman membaca tulisan-tulisan dengan judul yang begitu menarik bukan? Itu bisa dijadikan modal awal untuk semakin mengerti copy writing. Jujur saja, hingga hari ini saya juga masih belajar. 


Sedikit penjelasan lainnya, copy writing sangat berbeda dengan judul yang menipu. Copy writing bisa dikatakan sebagai teknik mempermainkan kata agar semakin menarik dan membuat tulisan yang terstruktur hingga para pembaca tidak harus membaca hingga akhir untuk mendapat inti tulisan.


Sementara teknik menulis yang menipu adalah dengan menulis tulisan yang begitu lebay dan berlebihan, padahal isinya hanyalah  tulisan biasa yang tidak terlalu berhubungan dengan isi tulisan, ataupun judul dan isi tulisan malah tidak nyambung sama sekali. 


Misalnya, judul tulisannya adalah : 


Teknik-Teknik Paling Dasyat dan Ampuh Dalam Mendatangkan 99.000.000 Pengunjung Hanya Dalam 5 Menit (Asli dan Terjamin)


Kalau isi tulisannya memang benar-benar seperti yang dijanjikan mungkin tidak masalah, tapi apakah itu bisa diterima secara logika? Sepertinya belum ada deh yang sampai sebanyak itu, apalagi dalam 5 menit. Tulisan itu akan dikatakan semakin menipu jika disisipi dengan link-link ke artikel lain atau ke blog lain yang hanya membuat pembaca berputar-putar.

Nah, sekian dulu tulisan ini. Mungkin memang sulit dimengerti karena saya memang tidak jago menulis, apalagi saat menerapkan copy writing.
Advertisement
advertisement
Copy Writing : Antara Menipu dan Menarik | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar