Ide Sederhana Phineas and Ferb

Advertisement
advertisement
Mungkin anda sudah pernah atau sering menonton salah satu acara kartun yang ditayangkan oleh MNCTV, yaitu Phineas and Ferb. Kali ini, saya akan membahas tentang acara kartun tersebut. Kenapa? Dari yang saya lihat, kartun Phineas and Ferb sebenarnya berasal dari sebuah ide sederhana dan fakta sosial yang terjadi di negara-negara seperti Amerika Serikat.

Kartun Phineas and Ferb bercerita tentang 2 orang bersaudara yaitu Phineas dan Ferb yang berusaha melakukan hal-hal baru yang menyenangkan selama liburan musim panas. Tapi, mereka memiliki kakak perempuan bernama Candace yang selalu ingin menangkap basah mereka melakukan sesuatu yang aneh.


Salah satu episode yang paling saya sukai adalah ketika Phineas dan Ferb berusaha mempromosikan aglet ke seluruh dunia.
Diawali di pagi hari, ayah mereka sedang mengisi TTS (Teka-Teki Silang) di koran yang dibacanya. Tiba-tiba sang ayah kebingungan menjawab tentang apa nama ujung tali sepatu yang terbuat dari logam atau plastik.

Phineas dan Ferb pun bertanya pada saudara perempuan mereka, Candace yang biasanya menggunakan internet. Tapi, Candace tidak mau membantu karena dia sedang asyik menonton viral video lucu karya Dr. Heinz Doofenshmirtz dan mengirimkannya pada teman-temannya.

Phineas dan Ferb pun berusaha mencari tau tentang apa nama benda tersebut, dan akhirnya mereka pun diberitahu oleh Baljeet, kalau namanya aglet

Phineas pun sempat berpikir, mengapa benda yang sangat berguna seperti aglet tapi tidak begitu terkenal. Dan akhirnya dia memutuskan aglet di seluruh kota, dan hanya dalam waktu sehari saja mereka sudah merencakana membuat konser untuk mempromosikan aglet ke seluruh dunia.

Di tempat lain, Perry, platipus peliharaan Phineas dan Ferb yang juga dikenal sebagai Agen P sedang berusaha mengetahui dan menggagalkan rencana Dr. Doofenshmirtz yang ingin menghapus ingatan orang-orang di seluruh dunia tentang viral video miliknya. Sayangnya, alat yang dibuat Dr. Doofenshmirtz bukannya menghapus ingatan orang-orang tentang videonya.

Alat itu malah menghapus ingatan orang-orang tentang aglet. Diakhir cerita, hanya Candace yang ingat pada ujung tali sepatu tersebut.

Ada beberapa pelajaran penting yang bisa kita petik dari kartun Phineas and Ferb :

1. Jangan remehkan ide sederhana. Ide awal kartun itu adalah bagaimana cara-cara baru untuk melewati liburan musim panas, bukan hanya bersantai di rumah atau jalan-jalan ke tempat wisata saja. Melainkan melakukan hal-hal yang lebih berguna dan mempelajari hal-hal kecil dan baru yang belum kita ketahui.

2. Selalu melakukan hal-hal baru. Kebanyakan anak di Amerika Serikat mungkin menghabiskan liburan musim panasnya dengan bermain sepuasnya, bersantai di rumah atau berlibur ke luar kota atau ke luar negeri. Mungkin hanya sedikit dari mereka yang menghabiskan liburan dengan hal-hal baru. Di Indonesia, sepertinya juga sama saja.

3. Kreatifitas, Kepekaan Sosial dan Keingintahuan. Inilah 3 hal yang dimiliki oleh Phineas dan Ferb. Mereka selalu melakukan hal-hal kreatif untuk menghabiskan liburan musim panas mereka. Kreatifitas mereka muncul dari rasa ingin tahu mereka yang sangat besar serta kepekaan mereka terhadap masalah-masalah di sekitar mereka, mulai dari masalah kecil hingga yang besar.

Jadi, siapa bilang nonton kartun itu hanya buat anak-anak kecil, tidak ada gunanya dan hanya menghabiskan waktu???
Advertisement
advertisement
Ide Sederhana Phineas and Ferb | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar: