Selamat Tinggal Blogger

Advertisement
advertisement
Blogger.com adalah salah satu 'anak angkat' dari Google. Pada awalnya, Blogger.com dijalankan oleh PyraLab lalu dibeli oleh Google sekitar tahun 2003. Sayangnya, dalam waktu dekat Google akan mengubah nama Blogger menjadi Google Blogs. Selain Blogger, layanan lain yang akan diubah namanya adalah Picasa menjadi Google Photos.

Tapi, karena saya cukup jarang menggunakan Picasa dan sangat sering menggunakan Blogger. Maka, pada postingan kali ini saya akan membahas soal Blogger saja. Informasi tentang perubahan nama ini memang belum diliris secara resmi oleh Google. Tapi, mereka (Google) telah memberikan pertanyaan resmi pada Mashable.com.



Berita ini pertama kali saya ketahui dari DJ-Site. Awalnya, saya kira hanya main-main tapi setelah saya cek di Mashable, ternyata benar adanya. Kira-kira dalam waktu 6 minggu lagi, hal itu akan dilakukan oleh Google. Dari nama Blogger menjadi Google Blogs (GooBlogs).

Oh ya, alasan Google melakukan perubahan nama (re-branding) ini apalagi kalau bukan BISNIS. Apalagi, dalam waktu dekat Google juga akan meluncurkan layanan jejaring sosial mereka (Google Plus) secara publik. Dengan mengubah nama 2 layanan tadi, makan akan semakin memperkuat brand Google di dunia internasional.

Ada kemungkinan besar kalau Google Blogs (Blogger) dan Google Photos (Picasa) akan terintergrasi/tersambung dengan Google +. Jadi, kita bisa berbagi foto dengan Picasa (Google Photos) dan menulis catatan seperti di Facebook menggunakan Blogger (Google Blogs). Semakin besar pula kalau kemungkinan kalau Google + bisa menyaingi atau paling tidak memperhambat Facebook.

Nah, mungkin anda bertanya-tanya. Apakah saat mengubah nama nanti, url/alamat blog juga akan diubah. Misalnya, dari dearryk.blogspot.com menjadi dearryk.googleblogs.com / dearryk.gooblogs.com??

Saya sendiri sebenarnya kurang tau dengan hal itu, karena saya tidak punya hubungan dengan orang-orang atau karyawan Google. Tapi, kalau menurut Om Ferninand (DJ-Site) hal itu kemungkinannya kecil terjadi.

Google adalah layanan mesin pencari nomor 1 di dunia dengan pekerja yang memiliki otak-otak encer, tidak mungkin mereka begitu saja mengubah nama domain. Ingat, mereka (Google ) mengatakan kalau mereka akan merubah nama, bukan berarti mereka akan merubah domain juga kan?

Kalau pun mereka akan mengubah domainnya, tidak mungkin akan dilakukan begitu saja. Karena efeknya bagi Google sendiri juga bisa lumayan parah. Banyak blog yang menggunakan sub-domain blogspot.com yang bermain dengan Google Adsense.

Bayangkan jika semua domain blog itu tiba-tiba berubah, tentunya ranking, posisi di mesin pencari, kepopuleran juga akan hilang begitu saja. Bagaimana efeknya bagi Google? Semakin berkurangnya pengiklan yang mau memasang iklan, dan Google akan dicap semena-mena dan bisa saja ditinggalkan 'pendukung setia'-nya.

Selain itu, jika blogspot.com tidak berlaku lagi. Coba hitung, akan ada berapa ribu link yang akan menjadi broken link. Dan membuat hasil pencarian Google tidak bagus lagi, karena banyak lho posisi 1 di hasil pencarian Google ditempati oleh blog dengan sub-domain blogspot.com.

Tapi, saya hanya blogger yang numpang di layanan milik Google. Saya hanya bisa sekedar berbagi informasi ini saja. Kepastian lebih jelas bisa kita dapatkan setelah Google merilis pertanyaan resminya atau saat perubahan nama itu akan dilakukan (sekitar 6 minggu lagi).
Advertisement
advertisement
Selamat Tinggal Blogger | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar:

  1. wah kita tunggu saja sobat,, bru aja sya buat blog, newbie lagi, eh di suguhin berita ini,, nasib deh ah,,hehe

    BalasHapus
  2. malah bagus, gan. Soalnya blogger yang sekarang lebih keren kayaknya, banyak sambungannya lagi.

    BalasHapus