Tips Memasang Gambar di Postingan

Advertisement
advertisement
Berawal dari pengalaman pribadi saya yang sangat sering berkunjung ke blog-blog orang lain sambil membaca artikel-artikel yang menarik hati saya. Hal pertama yang menarik perhatian saya biasanya adalah judul artikel tersebut. Tapi, hal berikutnya yang saya lihat adalah keseluruhan artikelnya.

Saya akan langsung scroll ke bawah hingga saya menemukan ujung artikelnya. Kalau saya rasa terlalu panjang, maka akan langsung saya bookmark dan membacanya di kemudian hari. Tapi, kalau artikelnya lumayan pendek maka akan langsung saya baca. 


Kalau bagi blogger, mungkin akan lebih mudah jika menulis artikel yang pendek-pendek saja. Sayangnya, artikel yang pendek bisa saja dianggap tidak bermutu oleh Google. Apalagi dengan adanya Google Panda yang menurut beberapa orang bisa menilai sebuah blog hanya dari 1 artikel. 

Artinya, jika ada 1 saja artikel yang dianggap kurang bermutu oleh Google. Maka, hal itu akan mempengaruhi  penilaian kepada seluruh blog anda.

Jadi, bagaimana solusinya? 

Salah satu solusinya mungkin dengan menambahkan gambar pada setiap postingan anda. Tapi, bagaimana agar gambar tersebut memberikan nilai lebih pada setiap tulisan anda? Mungkin tips-tips berikut bisa membantu. 

1. Gunakan gambar yang menarik. Karena 'menarik' sifatnya adalah penilaian pribadi. Jadi, sebelum memilih gambar yang akan anda gunakan. Ada baiknya anda mengetahui usia dan selera pembaca anda. Seperti blog ini, saya menargetkan kalau pengunjungnya adalah sesama blogger dan pelajar (remaja). Jadi, saya menggunakan kartun animasi dari jepang sebagai gambar yang akan tambahkan. 

2. Sesuaikan gambar dengan topik tulisan. Saat anda memasang gambar di postingan anda, ada baiknya anda sesuaikan antara gambar dan topik tulisan anda. Jika tidak, pada akhirnya para pembaca akan lebih memperhatikan gambar dari pada membaca artikel anda. 

Seperti pada tulisan 6 Tips Inovasi Bisnis Ala Google, saya memakai gambar Ueki. yang merupakan seorang anak yang memiliki kemampuan mengubah sampah menjadi pohon, seperti sebuah inovasi. 

3. Ingat untuk memakai tag "ALT". Bot Google tidak bisa membaca gambar, jadi pergunakan tag ALT pada setiap gambar anda. Lakukan juga optimasi pada gambar anda sehingga tidak menjadi gambar penghias semata. Tapi, menjadi gambar yang bahkan bisa membantu optimasi blog anda di mesin pencari. 

Oke, sepertinya hanya segitu saja Tips dalam memasang gambar di postingan anda. Kalau anda mau menambahkan, silakan saja. 

Advertisement
advertisement
Tips Memasang Gambar di Postingan | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar