Tips Mengirim Tulisan ke VIVAnews

Advertisement
advertisement
Setelah hari ini 2 tulisan saya yang masing-masing berjudul Tips Agar Disayang Google dan 6 Cara Mencari Penggemar Online berhasil tampil di VIVAnews untuk beberapa waktu dan mendatangkan banyak pengunjung. Maka, hari ini juga saya akan berbagi sedikit tips tentang mengirim tulisan ke VIVAnews.

Tapi, sebelum itu tentunya kita harus memahami bagaimana kira-kira prinsip kerja dari Vlog (VIVAnews) sehingga bisa membuat sebuah tulisan muncul di halaman mereka.

Sebelum bisa mengirim tulisan, anda DIWAJIBKAN untuk menjadi member VIVAnews. Setelah menjadi member, baru kita diperbolehkan untuk mengirim tulisan. 



Saat mengirim tulisan, kita bisa menambahkan gambar yang ukurannya dibawah 100 kb (hemat bandwidth, hehehe...). Lalu, isikan juga Judul Tulisan, Isi Tulisan dan URL-nya. Jangan lupa untuk mencetang pertanyaan telah menyetujui peraturan yang berlaku. Setelah itu tinggal tunggu hasilnya. 

Menurut versi saya, sepertinya tidak mungkin setiap tulisan yang masuk akan ditampilkan. Mengapa? Dulu, kalau tidak salah. Saya pernah mengirim sebuah tulisan singkat kesana, tapi tidak pernah muncul. Itu artinya, seluruh tulisan yang dimasuk diperiksa oleh manusia.


Lalu, bagaimana tips mengirim tulisan ke VIVAnews agar besar kemungkinan akan diterima?


1. Buat tulisan yang informatif. VIVAnews itu adalah portal berita, jadi ada baiknya anda mengirimkan tulisan yang informatif. Kalau hanya berupa curhatan saja, kemungkinan hanya akan dibaca oleh tim Vlog saja. Tapi, kalau curhatannya itu inspiratif, lain lagi kasusnya. 


Intinya, buatlah tulisan yang tujuannya untuk dibaca, disukai dan dibutuhkan oleh orang lain. 


2. Topik yang lebih luas. Kebanyakan pembaca di VIVAnews adalah orang yang mencari berita, jadi saya sarankan agar anda menulis hal-hal yang kiranya lebih dicari oleh orang-orang. Misalnya, kalau anda menulis tutorial blog. Berapa sih pembaca VIVAnews yang blogger? Paling hanya beberapa ratus saja. 


Tapi, coba bayangkan ketika anda menulis tentang kesehatan mata atau berita terbaru. Pasti akan lebih banyak yang berkeinginan untuk membacanya. Karena, baik blogger, dokter, pelajar, mahasiswa, penulis, karyawan swasta, guru atau apapun latar belakangnya pasti akan lebih ingin membacanya. 


3. Judul yang menarik. Di Vlog, hanya 4 hal saja yang akan ditampilkan, yaitu Judul Tulisan, Kalimat singkat (diambil dari keseluruhan artikel), paragraf pertama dan gambar. Jadi, untuk menarik perhatian pembaca. Saya sarankan untuk membuat judul yang semenarik mungkin, tapi jangan sampai menipu. 


Kenapa bukan gambar yang menarik? Tadi, saya sudah mencoba mengirimkan artikel tentang Google dengan gambar tokoh dari anime/manga, Bleach. Hasilnya, gambarnya malah diganti dengan logo Google. Mungkin itu ulah Tim Vlog, tapi itu bukan masalah bagi saya. 


4. Rahasia di paragraf pertama. Seperti yang sudah dijelas di poin ketiga, paragraf pertama adalah salah satu hal yang akan dimunculkan dalam Vlog. Jadi, buatlah paragraf pertama yang begitu menarik perhatian orang untuk lanjut membaca. Caranya? 


Pada paragraf pertama, anda bisa memberikan sedikit penjelasan tentang topik yang akan dibahas, pengalaman pribadi soal topik yang akan dibahas ataupun pertanyaan-pertanyaan yang akan mengarah pada topik yang akan dibahas. Intinya, buat pembaca sangat penasaran pada paragraf pertama. 


Nah, sepertinya hanya segitu saja tips dari saya. Kalau keempat tips itu diterapkan dengan benar dan anda punya keberuntungan yang tinggi, maka saya berdo'a agar semua tulisan yang anda kirim bisa tampil. hehehe... 
Advertisement
advertisement
Tips Mengirim Tulisan ke VIVAnews | Ari Kurniawan | 5

5 Komentar:

  1. Hem... aku belum minat jadi member Vlog Sob sampe saat ini, emank sih banyak ku liat yg berhasil dapet Visitor dari Vlog, cuma males gitu klo mesti submit ulang2 hhe... :) klo Vlog sifatnya Directory sih gpp, jadi aku update dia nerima langsung haha... :)

    tapi makasih tipsnya, semoga makin banyak mendatangkan Visitor :)

    BalasHapus
  2. Emang sih sob harus submit berulang-ulang, tapi setidaknya sesekali dapet banyak visitor.hehehe... :)

    Kalo submitnya ke directory, bisa aja directorynya kena efek Panda. Tapi, yang penting udah pernah coba dan hasilnya lumayanlah... :)

    BalasHapus
  3. wahh lumayan ni buat nmbh traffik sob

    BalasHapus
  4. sob artikelnya tulis full atau cuma cuplikan dari blog kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dikirim ditulis full, nanti admin dari VIVAnya yang mengambil bagian mana yang dianggap menarik.

      Hapus