Membuat Online Bermanfaat

Advertisement
advertisement
"Siang malam ku selalu, menatap layar terpaku, untuk online online, online online. Tidur telat, bangun pagi-pagi, nyalain komputer, online lagi...." -Online, Saykoji.

Ayo, siapa dari kalian yang merasa kehidupannya terwakili oleh lagu tersebut???

Di jaman serba canggih seperti sekarang, yang namanya Online atau disingkat OL adalah kegiatan banyak dilakukan oleh remaja, terutama yang memiliki koneksi internet dari rumahnya. Kalau yang tidak punya, mereka bisa memanfaatkan hp ataupun ke warnet beberapa kali dalam seminggu.

Sayangnya, kegiatan online para remaja kebanyakan hanya GAJE (Game dan Jejaring Sosial). Sebenarnya hal itu bermanfaat atau tidak sih? Bermanfaat! Kalau dilakukan dengan baik dan benar. Tapi, bukan itu topik tulisan saya.

Kali ini, saya akan membahas soal bagaimana cara membuat online menjadi (lebih) bermanfaat. Dari pada menghabiskan waktu berjam-jam untuk main game online, menembak musuh atau sekedar menulis status dan like status teman saja.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan saat online (selain GAJE) :


1. Membuka portal berita. Apa yang sedang terjadi sekarang di belahan lain dunia ini? Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan membaca berita. Atau, kalau malas membaca berita internasional. Kita bisa membaca-baca berita di portal berita lokal seperti Kompas.com, VivaNews.com, Detik.com dan yang lainnya. Selain menambah pengetahuan, terkadang juga ada informasi penting yang bisa kita dapatkan.

2. Belajar. Sambil bermain game, kita bisa sedikit belajar dengan membuka-buka artikel di Wikipedia untuk sekedar menambah pengetahuan. Atau kita bisa browsing untuk mencaritahu lebih banyak tentang pelajaran yang kurang kita mengerti. Atau, carilah situs-situs konsultasi pelajaran dan chatting dengan konselornya. Siapa tau dia bisa membantu kita dalam belajar.

3. Mencari uang jajan. Ada beberapa anak (usia dibawah 20 tahun) yang mendapatkan beberapa JUTA dari aktifitas online mereka. Caranya? Ada yang mencoba program GA (Google Adsense), menjual uang virtual (untuk game) hingga sekedar klik iklan PTC saja. Walaupun uang yang didapat tidak tentu, setidaknya bisa menambah uang jajan kan???

4. Ngeblog. Salah satu hal bermanfaat yang bisa dilakukan saat online adalah ngeblog. Kita bisa menuliskan hobi, kesukaan atau catatan pribadi kita di blog. Selain itu, kalau mau kita bisa berbisnis di blog kita dengan modal hanya koneksi internet yang dibayarkan oleh papah dan mamah. hahaha... Saat ngeblog kita juga bisa bertemu teman-teman sesama blogger dan pada akhirnya berujung pada KOPDAR (kopi darat) alias ketemuan.

Oke, sekianlah yang bisa saya tulis. Ada yang mau menambahkan??? Apa yang kalian lakukan saat online selain bermain game dan mampir di jejaring sosial???
Advertisement
advertisement
Membuat Online Bermanfaat | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar