Tips Browsing yang Baik dan Aman

Advertisement
advertisement
Browsing mungkin sudah menjadi salah satu hobi bagi remaja di jaman serba internet seperti sekarang. Ya, walaupun sebenarnya browsing sendiri sangatlah berbahaya jika kita tidak tau cara yang baik dan aman dalam melakukannya. Namun, jika kita sudah tau cara yang baik dan aman, maka browsing akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menambah ilmu.

Kata browsing jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia artinya adalah menjelajah. Tapi, istilah browsing sendiri sering diartikan sebagai menjelajah di dunia maya melalui mesin-mesin pencari demi mendapatkan sebuah informasi yang diinginkan.



Sayangnya, belakangan ini banyak hal yang bisa mengurangi keasyikan browsing. Seperti semakin banyaknya jumlah 'situs hantu' atau AGC (Auto Generate Content) yang hanya membuang-buang waktu kita saat browsing, hingga banyaknya kasus penipuan dan pencurian akun.

Nah, berikut ini saya menuliskan beberapa tips tentang bagaimana browsing yang baik dan aman. Saya menulisya berdasarkan pengalaman pribadi saya selama ini.


1. Gunakan mesin pencari terpercaya saat browsing. Untuk masalah mesin pencari yang terpercaya, saya memiliki beberapa saran yaitu Google.com, Bing, Yahoo! dan Google.co.id. Apa beda antara Google.com dan Google.co.id???

Google.com adalah mesin pencari yang memberikan informasi/hasil pencarian secara menyeluruh dari database Google, sementara Google.co.id adalah Google-nya Indonesia, dengan kata lain memberikan hasil pencarian secara umum berbahasa Indonesia.

Jadi, kalau mau mencari informasi yang lengkap, kita bisa memakai Google.com, sementara kalau hanya mencari informasi berbahasa Indonesia, carilah di Google.co.id.

2. Jangan sembarangan menekan link. Link atau hyperlink adalah sebuah tulisan/kata/angka/gambar  ajaib yang ada di dunia maya. Ketika kita menekannya, maka akan mengarahkan kita ke sesuatu yang berbeda. Sayangnya, ada banyak sekali link 'jahat' yang bertebaran bagai pasir di dunia maya.

Link-link tersebut mengarahkan kita ke situs-situs dewasa, perjudian, pembohong hingga situs yang menyebarkan virus komputer. Lalu, bagaimana cara mengenali link-link jahat tersebut??

- Cara membedakan link dengan tulisan biasa cukup mudah, ketika kursor diarahkan pada sebuah link, maka dia akan berubah menjadi tangan yang menunjuk. Seperti saat mengarahkan kursor ke tulisan DeArryk | DeArryk.

Note :  Banyak yang menganggap kalau cara termudah membedakan link dengan tulisan biasa adalah dengan melihat warnanya, tapi beberapa orang bahkan sengaja menyamarkan link untuk beberapa alasan.

3. Pasang alat-alat pelindung. Yang dimaksud sebagai alat-alat pelindung diantaranya adalah Anti-Virus dan beberapa software. Salah satu software yang sepertinya wajib dipasang adalah software anti situs dewasa, supaya anak-anak tidak bisa mengakses situs-situs dewasa baik secara sengaja maupun tidak.

Selain itu, jangan pernah menganggap kalau dunia maya itu aman. Dimana-mana, banyak sekali situs/blog yang menyebarkan virus. Jadi, jika kita ingin mengakses internet jangan lupa memasang anti-virus.

Nah, sepertinya hanya itu saja yang bisa saya tuliskan. Ada yang mau menambahkan??
Advertisement
advertisement
Tips Browsing yang Baik dan Aman | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar