Menuju Ujian Nasional 2012

Advertisement
advertisement
Seperti tahun sebelumnya, tahun ini saya juga akan menulis tentang berita-berita dan info-info seputar Ujian Nasional (UN) 2012. Walaupun sebenarnya, untuk 2 tahun ke depan saya tidak akan menghadapi Ujian Nasional. hehehe...

Sedikit bocoran nih, ada wacana kalau UN 2012 untuk Sekolah Dasar (SD) akan dihapuskan. Tapi, seperti biasanya itu masih sebatas WACANA. Kenapa dihapuskan?? Menurut beberapa pihak, dampak UN itu lumayan rumit. Terutama pada moral anak-anak, mereka jadi sulit membedakan antara yang sah dan tidak sah. Apalagi berita tentang kecurangan-kecurangan selama UN sudah menjadi rahasia umum. Hal itu sangat tidak mencerminkan salah satu karakter bangsa, yaitu JUJUR.

Sementara itu, mengacu pada hasil Lokakarya Nasional yang digelar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 23-25 September 2011 lalu yang bertemakan "Manajemen Penyelengaraan Ujian Nasional 2012 : Peningkatan Kualitas, Akseptabilitas, dan Kredibilitas Ujian Nasional". Tidak ada kebijakan baru untuk Ujian Nasional 2012, artinya kemungkinan besar akan sama saja dengan tahun lalu.



Tapi, seperti tahun lalu. Kebijakan-kebijakan baru tentang UN akan diketahui kira-kira 1-2 bulan sebelum pelaksanaannya. Bahkan, ada yang baru mengetahuinya seminggu sebelum pelaksanaan UN. Untuk itulah, saya berusaha berbagi informasi dan berita terbaru yang saya ketahui tentang UN 2012.

Yang paling mencengangkan, pihak-pihak terkait bukannya mengkaji tentang pelaksanaan UN. Apakah UN itu memang benar-benar diperlukan, sementara standar setiap sekolah di Indonesia itu tidak sama. Atau, apakah UN itu hanya mengurangi karakter JUJUR dari para siswa. Pihak terkait hanya mengkaji kesulitan soal, distribusi dan pengamanannya.

Bocoran lagi nih, Kisi-kisi UN 2012 akan diberikan lebih awal, kemungkinan pada akhir tahun 2011. Banyak yang mengatakan kalau Kisi-kisi ini adalah soal dalam bentuk mentah, jadi kalau sudah tau kisi-kisi pasti bisa menjawab soalnya.

Selain itu, ada wacana lagi kalau nilai UN akan diintegrasikan ke Perguruan Tinggi Nasional (PTN). Jadi, Nilai UN mungkin akan menjadi salah satu syarat untuk masuk PT. Untuk masalah ini, saya masih kurang mengerti dan kurang informasi.
Advertisement
advertisement
Menuju Ujian Nasional 2012 | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar