Rahasia Bermain Traffic-Exchange

Advertisement
advertisement
Bagi para blogger yang punya blog baru dengan topik khusus atau pun topik umum, tentunya akan lumayan sulit untuk bersaing di SERP. Apalagi kalau kata kunci (keyword) yang diincar memiliki banyak pesaing. Belum lagi kalau SEO di blog anda sangat lemah. Atau lebih buruknya, anda tidak bisa mendatangkan pengunjung dalam tempo 10 hari setelah blog itu dibuat.

Salah satu jalan keluar terbaik untuk mendatangkan pengunjung sekaligus meningkatkan peringkat blog anda di SERP adalah dengan traffic-exchange atau bertukar pengunjung. Bertukar pengunjung sebenarnya sangat menguntungkan, terutama bagi blog-blog baru yang pengunjungnya masih sedikit. Tapi, masih banyak blogger yang belum bisa memanfaatkan layanan traffic-exchange secara maksimal.



Nah, berdasarkan pengalaman saya selama ini. Saya memiliki beberapa tips agar layanan traffic-exchange bisa dimanfaatkan secara maksimal. Berikut ini adalah beberapa tipsnya :

1. Pilih layanan yang sesuai. Pilih layanan traffic-exchange yang sesuai dengan blog anda, terutama dari segi bahasa. Kalau blog anda berisi artikel-artikel berbahasa Indonesia, jangan didaftarkan pada layanan berbahasa Spanyol atau Arab.

2. Ketahui selera pembaca. Sebelum anda benar-benar menggunakan layanan traffic-exchange, ada baiknya anda melakukan sedikit survei atau pengamatan untuk mengetahui, artikel-artikel seperti apa yang disukai pembaca di layanan tersebut.

3. Buat artikel sesuai selera pembaca. Misalnya blog anda memiliki topik teknologi, tapi anda tau kalau di layanan traffic-exchange yang anda pilih orang-orang lebih menyukai topik tentang pengetahuan. Anda lebih baik mengikuti selera pembaca dengan menulis beberapa artikel tentang pengetahuan. Lalu, bagaimana cara agar blog anda tetap dibaca??

a. Buat related post. Pada bagian akhir artikel, selalu berikan related post. Tujuannya? Agar artikel anda yang lain juga dibaca oleh pembaca yang berasal dari layanan traffic-exchange. Apalagi kalau artikel itu memang disukai oleh pembaca, mereka akan menjadi pembaca yang setia.

b. Buat tampilan yang menarik tapi sederhana. Pengunjung yang berasal dari layanan traffic-exchange kebanyakan adalah blogger atau orang yang sudah sangat mengerti dengan blog. Tentunya mereka tidak akan mau menghabiskan banyak waktunya untuk sekedar menunggu loading demi mendapatkan informasi yang bisa didapat di tempat lain. Tapi, mereka juga tidak akan mau kecewa ketika melihat tampilan blog yang biasa-biasa saja.

4. Berikan gambar yang menarik. Gambar adalah salah satu senjata terbaik untuk sukses di traffic-exchange, karena banyak orang akan sangat tertarik melihat gambar. Apalagi kalau gambar itu adalah asli buatan blogger sendiri dan tidak banyak tersebar di internet.

5. Judul yang menarik dan bikin penasaran. Beberapa traffic-exhange hanya menampilkan judul dan beberapa karakter untuk mendeskripsikan isi artikel. Jadi, kita tidak bisa bergantung pada deskripsi untuk mendapatkan pengunjung. Jadi, jalan terbaik adalah dengan membuat judul yang baik dan menarik. Syarat judul yang baik dan menarik adalah pendek, bikin penasaran, deskriptif dan tidak menipu.

6. Rahasia bermain Traffic-Exchange. Berdasarkan beberapa hasil survei di Indonesia, salah satu kata kunci yang sering dicari di internet adalah p0rn0grafi atau hal-hal yang berbau sama. Hal yang sama juga berlaku untuk layanan traffic-exchange, selain tutorial, info menarik dan hal-hal unik, p0rn0grafi menjadi salah satu hal yang dicari oleh sebagian besar pembaca. Tapi, bukan berarti anda harus menulis soal p0rn0grafi.

Nah, kalau anda meng-agung-kan traffic (pengunjung) tanpa memperdulikan kualitas, anda bisa menggunakan tips terakhir. Tapi, itu adalah sebuah pilihan. Saya hanya bisa menyarankan untuk tidak melakukannya.
Advertisement
advertisement
Rahasia Bermain Traffic-Exchange | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar: