Tips Memulai Bisnis PPC

Advertisement
advertisement


Pay Per Click (PPC) adalah salah satu dari sekian banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang kita miliki. Salah satu program PPC paling terkenal dan terbesar saat ini adalah Google Adsense (GA), katanya sudah banyak orang yang meraup ribuan dollar dari program satu ini. Tapi, itu masih katanya. Walaupun saya sudah sering melihat bukti screen shot (SS) dari beberapa orang yang berpenghasilan ribuan dollar namun, saya sendiri belum menghasilkan apapun alias nol besar.

Bagi anda yang belum mengerti PPC, saya beri jelaskan sedikit cara kerjanya. Awalnya, anda mendaftar pada sebuah program PPC. Lalu, anda akan dibeli script iklan yang harus dipasang di blog anda (header, sidebar, main, footer). Jika ada seseorang yang secara sengaja atau tidak men-klik iklan tersebut, maka anda akan mendapat bayaran yang otomatis akan ditambahkan pada saldo anda di program tersebut.

Mungkin orang-orang bisa mendapatkan ribuan dollar dari PPC, tapi sang pemilik program PPC bisa saja mendapatkan lebih banyak. Tergantung berapa persentase bagi hasil yang ditetapkan oleh si empunya PPC. Alasan itulah yang menyebabkan berjamurkan program-program PPC baik lokal ataupun internasional. Ada yang sukses, ada pula yang harus gulung tikar di tengah jalan.


Oh ya, untuk PPC lokal, IdBlogNetwork (IBN) adalah salah satu contoh program yang berhasil meraup untung besar. Bayangkan saja, para publisher (penerbit iklan)-nya saja bisa mendapat jutaan rupiah. Pemasang iklannya pun tidak tanggung-tanggung, beberapa perusahaan memasang iklannya lewat IBN.


Sekarang, seandainya ada seseorang yang tertarik ingin membuat sebuah perusahaan yang bergerak di bidang PPC dan menghasilkan uang, apa yang harus dilakukan???

Kalau anda cuma membeli domain dan hosting, lalu mencari script yang bisa membantu anda untuk mengatur pendaftaran, menghitung penghasilan dan lain-lain. Ditambah desain tampilan homepage, total penghasilan dan lainnya. Itu semua idak akan menghasilkan apa-apa, karena sebuah PPC yang sukses dilihat dari langkah pertamanya. Mari kita tiru cara IBN.

1. Temukan orang yang tepat untuk diajak bekerjasama. Jangan harap anda bisa mendapatkan hasil besar jika hanya bekerja sendiri. Minimal anda membutuhkan 2 orang. 1 orang yang mengurus hal-hal teknis dan 1 lagi yang mengurus manajemen. Tapi, itu akan benar-benar membutuhkan banyak tenaga. Lebih banyak orang yang diajak bekerjasama, akan jauh lebih baik.

2. Jemput pemasang iklan dan penerbit iklan. Jemputlah calon pemasang iklan anda dengan mengajukan proposal pada mereka, dan yang penting jemput juga calon penerbit iklan anda. Kirim e-mail pada blogger yang anda rasa potensial untuk membantu PPC akan berkembang. Kalau perlu, minta bantuan beberapa blogger untuk memberikan review tentang PPC anda.

3. Adakan kontes SEO ataupun non-SEO. Kembali ke poin nomor 2, dimana anda meminta blogger lain untuk menreview (mengulas) tentang PPC anda. Saya yakin, tidak banyak blogger yang mau melakukannya dengan sukarela. Jadi, jalan keluarnya adalah dengan mengadakan kontes SEO atau non-SEO. Lalu apa bedanya??? Kalau kontes SEO akan terasa lebih sportif karena ditentukan oleh mesin pencari, tapi akan sangat banyak yang melakukan trik-trik licik agar bisa menang. Sementara kalau kontes non-SEO mungkin akan terasa kurang sportif, tapi anda bisa menentukan pemenang yang benar-benar berhak.

4. Lebih dekat dengan penerbit iklan anda. Bagaimana cara menjadi lebih dekat dengan penerbit iklan anda?? Cara yang paling mudah adalah dengan membuat forum yang hanya bisa diakses oleh member yang sudah mendaftar. Cara ini cukup ampuh untuk mmenjaring aspirasi atau pendapat dari para penerbit iklan anda. Tapi, anda juga harus sabar jika ada yang mencemooh lewat forum ini. Atau, anda bisa mengadakan pertemuan dengan para publisher di PPC anda, tidak usah sering-sering. Yang penting ada ajang pertemuan.

Tujuannya sudah jelas untuk membuat para publisher anda yakin kalau layanan yang mereka ikuti bukan penipuan dan membuat mereka setia (loyal) pada anda.

5. Berinovasi dan jadi eksklusif. Berinovasilah dengan membuat cara-cara agar orang yang men-klik iklan dari layanan anda benar-benar orang yang perlu. Buatlah juga inovasi agar pemasang iklan dan penerbit iklan merasa nyaman dan aman dalam menggunakan layanan anda. Selain itu, jangan beranggapan kalau banyak member berarti banyak uang. Karena tidak semua member itu benar-benar menghasilkan. Untuk itu, jadilah sedikit eksklusif dengan memberikan syarat-syarat khusus bagi yang ingin mendaftar.

Oke, sekianlah tips memulai bisnis PPC. Sepertinya sudah terlalu panjang ya... hehehe... Kalau ada pertanyaan, silakan di kolom komentar.
Advertisement
advertisement
Tips Memulai Bisnis PPC | Ari Kurniawan | 5

4 Komentar:

  1. anda menggunakan jasa ppc apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebuah pencerahan yang sangat berarti.. thank's bos..

      Hapus
  2. sejauh ini say belum berhsil dftar di IBN :(

    BalasHapus
  3. Terimakasih saya ucapkan.
    Karena, Saya hanya seseorang yang baru belajar ngeblog dan ingin mengetahui info info seputar blog, bisnis online dan lainnya
    saya berkunjung kesini untuk menemukannya
    ohh ia, silakan mampir ke blog saya jika ada waktu
    iklan ppcnya saya klik ya….

    BalasHapus