Mulai Mendesain Template Sendiri

Advertisement
advertisement
Menghilang dari dunia blogging selama beberapa hari, bukan berarti saya tidak berkarya sama sekali. Selama beberapa hari ini, saya memang agak disibukan belajar untuk Ulangan Kenaikan Kelas. Maklum, beberapa minggu lagi saya akan naik 1 jenjang ke kelas 2 SMA.

Nah, disela-sela belajar yang membuat saya agak bosan. Saya menyempatkan diri untuk membuat localhost di laptop kecil saya. Ya, dari pada menghabiskan bandwidth di hosting, lebih baik saya membuat localhost dengan aplikasi gratisan.

Setelah berhasil membuat sebuah localhost, saya pun menginstall Wordpress 2.3 yang tampilannya beda jauh dengan versi terbaru. Mau gimana lagi? Niat awalnya, saya mau belajar membuat theme wordpress sederhana. Berhasil sih membuat sebuah theme sederhana yang saya kasi nama "Pisivi". Mungkin theme ini masih kalah dengan twentyeleven atau iShowcase, tapi namanya juga belajar.



Tapi, sewaktu berusaha membuat tampilannya lebih ciamik dengan mengubah style.css dan index.php, malahan theme-nya error. Entah dimana letak kesalahannya, sampai saat ini masih membuat saya galau. Ya sudah, untuk sementara "Pisivi" saya tinggalkan.

Tiba-tiba saya kepikiran untuk merancang template untuk blog saya sendiri. Kenapa tidak? Awalnya agak bingung mau mencari referensi kemana, hingga pada akhirnya saya ketemu dengan blog yang memberikan tutorial lengkap cara membuat template blogger yang sederhana tapi tetep keren. Namanya U-Sup Blog.

Setelah baca tutorial dari sana, hasilnya sudah cukup keren. Sebuah template dengan 3 kolom dan header dengan latar hitam. Tapi, nggak seru dong kalau cuma kayak gitu. Makanya, saya menambahkan berbagai 'infrastruktur' agar templatenya sesuai keinginan saya.

Sampai saat ini, saya masih bingung mau kasi nama apa dan apakah akan dibagikan pada orang lain atau hanya untuk blog ini saja. Memang sih ini hanyalah template sederhana dan masih saya otak-atik, tapi saya bisa bangga karena saya membuatnya sendiri.

Oh ya, saya mau sedikit berbagi tips untuk kalian yang mau membuat theme atau template sendiri.

Bagi kalian yang mau membuat theme sendiri, lebih baik gunakan localhost saja. Bermodal aplikasi gratisan seperti AppServ yang tidak lebih dari 20 MB, kalian sudah bisa membuat localhost di PC atau laptop kalian. Terus, tinggal install Wordpress atau CMS yang lain.

Kalau mau tutorialnya, kalian bisa kunjungi WordPress Indonesia. Disana ada tutorial membuat theme yang sederhana, ditambah lagi tutorial lain agar theme kalian makin mantap.

Sementara, bagi kalian yang mau membuat template sendiri. Saya sarankan menggunakan Notepad++, sebuah aplikasi gratis dan sederhana yang bisa membantu kalian 'menulis' kode HTML. Kenapa tidak membuat langsung secara online??

Ehm... Beberapa blogger lain (termasuk saya) mengalami error saat ingin membuat template secara online. Biar tidak error, saya buat dulu di Notepad++ secara online, menyimpannya dengan formal XML Document, lalu mengunggahnya. Jrreeennnggg.... Jadi deh.

Nah, sekian dulu postingan kali ini ya. Saya mau lanjut belajar dan harus mengutak-atik template buatan saya.
Advertisement
advertisement
Mulai Mendesain Template Sendiri | Ari Kurniawan | 5

3 Komentar:

  1. makasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih gan infonya...smga sukses deh buat WP-nya :)

    BalasHapus
  3. Boz, gmn cara pasang iklansolusi bau mulut, napas, obesitas dan kurus, masalah kerusakan rambutRiza, 0857 4194 1815

    BalasHapus