Robot Hijau Makin Menguasai Dunia

Advertisement
advertisement
Robot hijau atau yang lebih dikenal dengan Android adalah salah satu sistem operasi (OS) yang paling populer saat ini. Hal ini menyebabkan si robot hijau ini makin menguasai dunia. Bahkan menurut data terbaru dari biro riset terkemuka IDC tentang pasar smartphone, pangsa pasar ponsel Android secara global di kuartal 1 2012 adalah 59%.

Pesaing terdekat dari robot hijau ini adalah dari perusahaan buah (Apple) dengan sistem operasi andalannya iOS yang digunakan di Apple iPhone. Menurut catatan IDC, iOS punya pangsa pasar 23% secara global. Jika dikombinasikan, kekuasaan Android dan iOS di pasar smartphone mencapai 82%.



Android mencatatkan peningkatan sekitar 145% market  share dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sedangkan iOS mengalami lonjakan 88,7% berkat kehadiran iPhone 4S.

Melesatnya Android dan iOS ini membuat sistem operasi lain gentar. Seperti BlackBerry dan Windows Phone yang sepertinya kewalahan menghadapi serangan robot hijau dan perusahaan buah pada pangsa pasar mereka. Salah satu kunci sukses dari Android dan iOS adalah banyaknya aplikasi yang tersedia. Mungkin inilah yang perlu ditiru sistem operasi lain.

Menurut Kevin Restivo, seorang analis IDC, antusiasme developer terhadap sistem operasi tertentu biasanya adalah indikasi suksesnya menjualan hardware.

Pangsa pasar platform lain memang punya kecenderungan menurut. Symbian punya 6,8% pangsa pasar, BlackBerry 6,4% dan Windows Phone hanya kebagian 2,2%.

Apakah ini indikasi di tahun mendatang Android akan semakin menguasai dunia?

Advertisement
advertisement
Robot Hijau Makin Menguasai Dunia | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar