Buat Blog Profesional Untuk Pelajar Bali

Advertisement
advertisement
Setelah sekian lama, sekarang saya mau bahas tentang dunia blogging lagi. Tapi, kali ini lebih khusus untuk para pelajar yang ada di Bali. Kenapa Bali? Karena pulau Dewata ini adalah tempat saya lahir dan hidup sampai sekarang dan belum ada pemikiran untuk pergi dari pulau indah ini.

Belakangan ini makin banyak saja pelajar di Indonesia dan di Bali khususnya yang memulai bisnis di usia muda, biasanya yang dilirik adalah bisnis di bidang pakaian, internet atau pun desain. Karena saya seorang blogger, maka saya akan bahas bisnis di bidang internet.

Internet adalah sebuah tempat yang sangat luas, satu-satunya cara agar kita dilirik oleh orang lain di internet adalah dengan memiliki tempat sendiri baik berupa website atau blog. Sebenarnya sih bisa menggunakan Facebook atau Twitter, walau lebih praktis tapi ruangnya sangat terbatas.

Membuat blog pun sebenarnya sangat mudah, bisa menggunakan berbagai layanan yang ada secara gratis seperti blogspot, wordpress, tumblr dan lainnya. Tapi, itu akan menunjukan kalau kita 'kurang serius' dalam menggarap bisnis ini. Lalu, bagaimana jalan keluarnya?

Jalan terbaiknya adalah dengan membuat sebuah blog profesional yang menggunakan Top Level Domain (TLD) seperti .Com, .Net atau yang lain dan dihosting di server berbayar. Kenapa server berbayar? Server berbayar itu lebih aman dan lebih kecil kemungkinan untuk down. Yang dimaksud down adalah ketika server (blog kita) tidak akan bisa diakses untuk sementara.

Keuntungan lain dari server berbayar adalah kita tidak mungkin dikeluarkan dari layanannya secara sepihak KECUALI kita melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Masalahnya sekarang, dimana kita sebagai pelajar bisa mendapat domain dan server yang berkualitas tapi MURAH di pulau Bali??



Jawabannya di Bali Orange Communications (BOC) yang berkantor di sekitaran Renon tepatnya di Jalan Narakesuma 11, Denpasar - Bali. 

Mungkin banyak pertanyaan yang berterbangan di pikiran kalian soal ini, tapi yakinlah bahwa BOC adalah salah satu pilihan terbaik. Berikut ini beberapa alasan kenapa pelajar Bali sebaiknya memilih BOC :

1. Ada jaminan uang kembali. Jadi, kalau dirasa tidak puas dengan layanannya, ada garansi uang kembali selama 30 hari.

2. Alamat kantornya jelas. Kalau kalian malas mengurusi masalah perbankan untuk mentransfer uang, langsung saja datang ke kantornya di sekitaran Renon, team-nya baik-baik kok.

3. Bantuan Teknis setara minimarket 24/7. Buka cuma minimarket 24/7 yang buka setiap saat, layanan bantuan teknis (technical support) BOC juga bisa 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, bisa lewat telpon, chatting online, email atau sms. Untuk BBM kayaknya belum ada yang resmi.

4. Ada Web Hosting khusus pelajar/mahasiswa. Ini nih yang paling asyik dari BOC untuk para pelajar. Ada paket khusus untuk para pelajar, harganya tentu lebih murah. Mulai dari Rp.50.000 ribu setahun. Harga yang lumayan murah kan?? Kalo nggak percaya, cek disini --> Web Hosting Sekolah Kuliah BOC

Sekarang mari kita hitung biaya untuk 1 blog setahun, jika kita seorang pelajar.

Domain TLD (com, net, org, info, biz, name, ) cek domain name lain disini --> Domain Name BOC :

Rp. 100.000 / tahun

Web Hosting pelajar (saya ambil yang paling  murah) :

Rp. 50.000 / tahun

Dalam setahun hanya menghabiskan Rp.150.000 : 12 = Rp. 12.500 / bulan

Nah, gimana? Lumayan murah kan, memulai sesuatu memang perlu pengorbanan tapi hasilnya bisa dipetik kemudian. Setelah membuat blog / web sendiri maka akan lebih mudah melakukan promosi dan 'respect' dari para pelanggan juga akan makin tinggi.
Advertisement
advertisement
Buat Blog Profesional Untuk Pelajar Bali | Ari Kurniawan | 5

1 Komentar: