Membangun Jaringan Blog [LAGI]

Advertisement
advertisement
Liburan panjang sudah di depan mata, tapi jantung masih terasa berdebar harus menunggu pembagian rapor yang akan bersamaan dengan pesta ulangtahun sekolah. Tapi, lupakan saja hal itu untuk sementara. Sekarang waktunya membangun lagi jaringan blog yang sudah pudar.

Beberapa bulan lalu, saya pernah memiliki jaringan yang menghubungkan beberapa blog yang punya posisi kuat di mesin pencari dan tema yang banyak dicari. Salah satunya bertema cerpen (yang saya tulis sendiri) dan sisanya bertema beragam mulai dari ilmu pengetahuan umum hingga download lagu gratis.

Sekarang saya akan kembali membangun jaringan tersebut tapi dengan perencanaan yang lebih matang, modal yang lebih besar dan bantuan dari beberapa teman. Mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa membangun jaringan?

Membangun sebuah jaringan (network) sudah terbukti memiliki banyak keuntungan, sementara membangun jaringan antar blog, baik yang saya miliki sendiri atau yang dimiliki oleh orang lain otomatis akan memberikan keuntungan bagi kedua pihak asalkan benar-benar mau serius.

Beberapa keuntungan membangun jaringan blog :

1. Backlinks berkualitas dan mudah dikontrol

Backlinks adalah salah satu bagian penting jika ingin mengembangkan sebuah blog, cara mendapatkannya bisa secara sukarela ataupun membayar. Tapi, dengan jaringan kita bisa mendapatkannya secara gratis. Apalagi kalau sebagian besar blog pada jaringan itu adalah milik kita sendiri.

Mungkin akan lebih merepotkan jika ingin membangun blog berkualitas jika semua blog dalam jaringan adalah milik kita. Namun, tidak akan terasa berat kalau tepat memilih tema.

Enaknya lagi, backlinks ini akan lebih mudah dikontrol karena jaringan tadi. Jadi, tidak ada tuh yang namanya broken links.



2. Network cukup 1 promosi

Dengan membangun network yang benar, maka tidak perlu yang namanya membeda-bedakan promosi. Cukup mempromosikan blog utama yang akan dioptimasi paling besar, maka blog yang lain pun secara tidak langsung bisa ikut terpromosikan.

Caranya mudah saja, cukup dengan menulis/menyinggung konten-konten menarik dari blog jaringan di blog utama. Hal ini terbukti lebih ampuh dari pada promosi sendiri-sendiri yang menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga serta biaya.

3. Peluang yang lebih tepat dan mudah

Kalau kalian akan memanfaatkan blog untuk bisnis, membangun jaringan ini punya keuntungan lebih yaitu peluang yang datang akan lebih tepat. Misal kalau tema blog adalah otomotif, maka peluang yang harus dicari adalah otomotif. Selain itu, akan lebih mudah karena iklan akan sesuai dengan tema.

Sementara, jika kamu merasa satu dari beberapa blogmu yang lain kurang mendapat peluang dalam bisnis maka kita bisa manfaatkan blog lainnya untuk mempromosikannya supaya mendapat peluang. Inilah yang dinamakan jaringan yang tepat dan menguntungkan.

Nah, dalam waktu dekat ini jaringan ini akan segera selesai dan berpusat di www.dearryk.com, mungkin akan melibatkan 4 blog bertema kuat dan sisanya hanyalah blog dummy dengan kualitas sedang hingga rendah. Semoga saja jaringan ini akan menjadi jalan keluar yang tepat.
Advertisement
advertisement
Membangun Jaringan Blog [LAGI] | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar:

  1. wow.. idenya luar biasa.. :D
    saya tunggu jaringan blognya yang baru ini.. :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas dukungan dan doanya. :)

    BalasHapus