Menunggu 6 Terobosan di Google I/O

Advertisement
advertisement
Google I/O akan segera digelar lagi, acara tahunan dari sang raksasa internet ini selalu disesaki oleh para developer yang menanti terobosan terbaru dari sang raksasa.

Awalnya Google I/O dijadwalkan berlangsung pada 24-25 April 2012 lalu, karena berbagai alasan maka diundur menjadi 2 minggu setelah ajang Apple World Wide Developer Conference (WWDC) tepatnya pada 27-29 Juni 2012.

Pertama kali diselenggarakan pada 2008 lalu, Google I/O sering memunculkan inovasi baru seputar produk Google. Tahun ini, diprediksi akan ada setidaknya 6 inovasi baru dari Google.

android jelly bean


1. Android 4.1 (Jelly Bean)

Generai terbaru dari sistem operasi robot hijau ini adalah yang paling dinanti di ajang Google I/O tahun ini. Android Jelly Bean ini dikabarkan akan dipamerkan lengkap dengan semua fitur yang diusungnya.

Jelly Bean tidak akan disebut sebagai Android 5.0, melainkan 4.1. Awalnya ketidaksengajaan ini dimulai saat Google menawarkan smarthphone Google Nexus unlock di Play Store. Selain harga, ada juga uraian yang menyebutkan "Ponsel pertama dengan Android 4.1 Jelly Bean".

2. Google Assistant

Apakah anda tau Siri besutan Apple? Nah, di ajang Google I/O kali ini kabarnya sang raksasa akan memamerkan aplikasi asisten digitalnya yaitu Google Assistant.

Kalau bicara soal smartphone memang bukan hal baru dan OS Android memang sudah terlahir dengan kemampuan tersebut. Hanya saja tampilannya masih perlu banyak diperbaiki hingga bisa semenarik Siri.

tablet google nexus


3. Google Nexus Tablet

Tablet besutan Google adalah perangkat yang paling dinanti. Detail mengenai produk ini sudah banyak mencuat dan beredar di internet termasuk harganya yang sekitar USD 199 atau sekitar 1,8 juta (kurs 9000).

Katanya tablet PC berukuran 7 inch ini dibuat oleh vendor Taiwan, ASUSTeK Computer Inc.

4. Google Play Box

Tidak banyak yang saya bisa ketahui soal Google Play Box ini, tapi dikabarkan ini adalah perangkat untuk pengguna rumahan, bukan ponsel atau tablet, tapi menurut Wall Street Journal ini adalah sebuah pemutar musik.

5. Google TV

Bicara soal Google TV generasi 2 sebenarnya sudah diperkenalkan sejak awal 2012, namun entah bagaimana produk yang mengusung set-up box itu muncul lagi baru-baru ini, seperti dari Sony dan LG.

Kenapa Google TV dinanti pada Google I/O kali ini? Dikabarkan produk ini akan memperkenalkan fitur baru seperti terhubung dengan Google Play sekaligus memasang aplikasi dari Play Store.

project glass


6. Project Glass

Diawali dengan anggapan bahwa ini hanyalah isapan jempol, tapi kabar miring itu mulai sirna saat Larry Page, pendiri Google, menggunakan kacamata pintar ini di hadapan umum.

Project Glass ini bisa melalukan banyak hal seperti pencarian online, email dan navigasi arah bahkan melakukan video chat. Seperti yang terlihat di video demonya.

Kacamata berbasis teknologi Augmented Reality ini menampilkan berbagai informasi lokasi user dan kondisi cuaca. Bahkan bisa mengetahui lokasi pengguna lain lewat Google Latitude.

Baiklah, mari kita tunggu apa saja inovasi terbau Google diajang Google I/O kali ini.
Advertisement
advertisement
Menunggu 6 Terobosan di Google I/O | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar