Bertahan Ngeblog Bahasa Indonesia

Advertisement
advertisement
Ngeblog adalah salah satu kegiatan yang sudah saya lakukan selama beberapa tahun terakhir, selama itu pula saya sudah mencoba membuat blog dalam berbagai bahasa mulai dari Bahasa Indonesia hingga Bahasa Spanyol. Tapi, jujur saja yang selalu berhasil saya kembangkan hanyalah blog berbahasa Indonesia.

Blog utama saya (www.dearryk.com) sejak pertama dibuat memang menggunakan Bahasa Indonesia, memang sih ada 1-3 postingan yang berbahasa asing. Tapi, itu karena tuntutan pekerjaan (Paid To Review) dari ReviewMe.

Tapi, banyak yang mengatakan kalau blog berbahasa Indonesia memiliki sedikit peluang dalam meraup penghasilan dari internet. Ah, itu dulu!

Sekarang ini, sudah banyak cara menghasilkan uang dari blog berbahasa Indonesia. Mulai dari PPC Premium  dari Indonesia hingga Google Adsense yang ikut-ikutan bermigrasi ke Indonesia. Masih kurang? Sekarang sudah banyak blog berbahasa Indonesia yang bisa laku dijual dengan harga tinggi.

bangga Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah beberapa alasan saya terus bertahan dengan blog berbahasa Indonesia. 

1. Sudah ada program menghasilkan uang dari blog yang menerima Bahasa Indonesia. Yang paling kesohor mungkin Google Adsense yang belakangan ini sudah mendukung blog berbahasa Indonesia, dari tingkat nasional ada IdBlogNetwork (IBN), Sitti, Adstars dan banyak lagi.

Penghasilan yang dapat diberikan pun tidak main-main, bukan hanya seratus atau dua ratus ribu bahkan hingga jutaan rupiah per bulan.

2. Banyak kontes blog Bahasa Indonesia dengan hadiah WOW. Beberapa tahun lalu mungkin kontes blog tidak begitu ramai, tapi sekarang ini banyak brand-brand ternama yang sudah sadar pentingnya para blogger untuk memasarkan produk mereka. Para pemilik brand ini pun mengadakan kontes blog SEO ataupun non-SEO.

Hadiah yang diberikan pun bukan lagi kecil-kecilan, belakangan ini hadiah uang jutaan rupiah, gadget terbaru hingga motor sudah sangat sering diberikan.

3. Pasar masih terbuka dan berkembang. Jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 55 juta dan diperkirakan akan meningkat 3,1% tahun ini. Ini masuk dalam jumlah pengguna internet tertinggi di Asia. Bayangkan kalau bisa menggaet 1% aja. Plus, ini belum seluruh penduduk Indonesia.

Jadi, masih ada banyak sekali orang yang belum melek internet di Indonesia. Bayangkan kalau semuanya sudah melek internet, berapa banyak pangsa pasar yang bisa diambil.

4. Bahasa Indonesia bukan hanya di Indonesia. Pernahkan dengar wacana kalau Bahasa Indonesia akan jadi bahasa resmi ASEAN bahkan bahasa Internasional? Ini bukan tanpa alasan, wacana tersebut ada karena selain di Indonesia masih banyak bagian dunia ini yang menggunakan bahasa Indonesia. Seperti di Australia, Jepang, Singapura hingga Eropa.

5. Bangga berbahasa Indonesia. Salah satu kalimat dalam Sumpah Pemuda 1928 menyebutkan "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia." Bahasa telah menjadi salah satu pemersatu bangsa ini, jadi kita harus bangga dong menggunakan Bahasa Indonesia.

Jadi, jangan ngaku blogger Indonesia kalau tak punya blog berbahasa Indonesia.
Advertisement
advertisement
Bertahan Ngeblog Bahasa Indonesia | Ari Kurniawan | 5

14 Komentar:

  1. bener banget gan hidup ID blogger... mohon kunjungannya di Cuma Post

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidup blogger Indonesia! isi blognya beragam banget, gan.. tapi agak berat

      Hapus
  2. sip gan...dengan membaca arrtikel ini saya makin mantap gan memakai bahasa indonesia di blog saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantapkan niat, gan. Beberapa tahun ke depan, dunia blogging di Indonesia pasti bisa bersaing dengan luar negeri.

      Hapus
  3. iya betul itu mas, banyak blogger indonesia yg suka pake bahasa inggris, karena iming iming duit tadi, padahal lahan di indonesia masih sangat luas dan belum tergarap

    Nice artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. iming-iming duit tadi kalau tidak didapat dengan cara yang benar juga percuma. Justru, pangsa pasar di Indonesia jauh lebih luas dan banyak sekali belum tergarap.

      Hapus
  4. ngebaca postingan agan yang ini, terutama poin nomor 5, ngebuat ane tersadar gan kalo Indonesia itu adalah bahasa sendiri. ga usah pake bahasa orang. makasih ya gan, ane jadi semangat bikin blog bahasa Indonesia. walaupun masih newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah pakai bahasa orang lain kalau nggak bisa bangga dengan bahasa ibu kita. Jangan lihat orang lain, tapi banggalah dengan milik kita sendiri. :)

      Hapus
  5. Harus bangga sama Bahasa Indonesia. Kenapa? Karena Bahasa Indonesia itu tergolong sulit. Orang Indonesia belajar bahasa Inggris masih lumayan jago, coba bule disuruh belajar bahasa Indonesia sesuai EYD. Apa gak pusing sendiri.

    BalasHapus
  6. saya sangat termotivasi gan..trims

    BalasHapus
  7. jadi termotivaai sY bro,
    tapi kenapa masih galau jg ya bikin blog bahasa indo

    BalasHapus
  8. Saya Cinta Indonesia, :D

    Bagaimana dengan kalian?

    BalasHapus
  9. Setujuuu banget..menggunakan dan bangga akan budaya sendiri dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar ^_^

    BalasHapus