5 Dosa Seorang Blogger

Advertisement
advertisement
Banyak blogger pemula yang melakukan 'dosa' saat mereka baru pertama kali mulai, blogger yang sudah senior pun masih sering melakukan dosa ini. Bukan berarti mereka adalah orang jahat tapi hal yang mereka lakukan adalah 'dosa' bagi seorang blogger.

Berikut ini adalah 5 dosa seorang blogger yang saya dapatkan dari DailyBlogTips

dosa blogger


1. Rakus

"Eh? Apa yang rakus dalam blogging?"

Contoh sederhananya seperti ini : ketika seorang blogger "makan" terlalu banyak informasi dan tidak menulis apapun, itu artinya dia sedang rakus. 

Bagi seorang blogger, informasi itu seperti makanan dan mengkonsumsi terlalu banyak makanan itu tidak baik. Itu akan membuat seseorang mendapatkan secara trik dan taktik terbaru namun tidak pernah menerapkannya. 

Jika seorang blogger rakus akan informasi yang didapatnya, mereka akan terjebak dalam pemikiran 'terbaru dan terbaik', terus sibuk untuk membangun pondasi blog yang kuat seperti membuat konten yang banyak, menulis guest post dan promosi. 

2. Serakah

Banyak sekali blogger yang rentan melakukan dosa ini. Jadi, seperti apakah keserakahan yang dilakukan para blogger? 

Pertama, memasang iklan secara berlebihan (disetiap bagian blog) dan mempromosikan produk yang tidak berkualitas (jelek), sementara tidak fokus pada pengembangan pengunjung blog. Ingat, pembaca blog kita berkunjung bukan untuk mencari iklan. 

Mereka bisa saja menjadi pelanggan setia bila kita memperlakukannya dengan baik, bahkan mereka bisa mendukung blog kita jika kita memperlakukan mereka dengan sangat baik. Jangan menjejali blog anda dengan iklan di minggu kedua tapi bangunlah pembaca, buatlah daftar email, perlakukan orang dengan sopan dan layak dan lakukan lebih banyak blogging dari pada membuat uang dengan cepat. 

3. Sombong

Ini adalah yang sering membuat banyak orang gagal. 

"Tulisan saya sudah sangat baik, SEO friendly banget, jadi buat apa dipromosikan, biarkan kualitas yang bicara!"

Ingat bahwa tulisan kita adalah 'bayi' yang belum bisa apa-apa, dia harus bersaing dengan ratusan juta konten lain di dunia maya. Lalu bagaimana solusinya? Jangan segan untuk membujuk kawan blogger yang lain untuk membaca draft tulisan kita. Bahkan, coba berikan draft tersebut pada salah satu pembaca setia blog kita dan biarkan dia menilai. 



4. Malas

Saya sering berselancar di internet, menemukan sebuah blog yang bagus, sayangnya dia sudah tidak posting selama berbulan-bulan. Atau ada pula blog dengan konten yang bagus dan teratur namun tidak melakukan apapun untuk memasarkan konten mereka. 

Terkadang kita memerlukan rasio 1 : 1 hingga 80 : 20 dalam hal promosi : posting. Bahkan dalam beberapa kasus bisa menghabiskan lebih dari 80% waktu untuk promosi saja. 

Untuk blog baru, ada baiknya fokus pada pembuatan konten yang unik dan luar biasa, apalagi kalau bisa posting sekali sehari. Ini memang beban yang cukup berat, tapi ini adalah jalur yang benar. Sebaliknya, untuk blog yang sudah lama dan punya konten layak promosi, bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk promosi. 

5. Iri / Marah / Bernafsu

Bukannya itu 3? Ya, bagi saya itu adalah 1 kesatuan dosa yang punya efek sama. 

Sangat mudah iri dengan apa yang telah didapatkan blogger lain, penuh nafsu untuk mendapatkan uang dengan cepat dan mudah bahkan marah karena kita tidak bisa melakukan yang sama seperti blogger lain. 

Sebenarnya tidak apa-apa mengamati blogger lain, belajar dari nasihat mereka adalah cara terbaik untuk menghindar dari kesalahan yang pernah mereka lakukan. 

Apakah anda sudah melakukan dosa-dosa diatas? Ingin "bertobat" dan kembali ke bisnis yang benar?
Advertisement
advertisement
5 Dosa Seorang Blogger | Ari Kurniawan | 5

7 Komentar:

  1. Ha..ha.. Mantap Sob postingannya. Kayaknya saya sering tuh praktek yang lima itu, terutama serakah dan obsesi yg berlebihan udah buat blog buat wapsite pula :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa, sob. Asalkan mau tobat aja nantinya... :D

      Hapus
  2. wah nice post tapi ane kurang setuju dengan nomor 1 dan 2

    BalasHapus
  3. heheh
    iya gan nomer 4 gan kadang2,, apalgi saat gak ada yg ngklik iklan heheh

    BalasHapus
  4. kalau malas kayaknya bukan sebuah dosa ni
    mari hindari ke-5 hal diatas agar nggak rugi..

    BalasHapus