Tips Aman Pacaran Online

Advertisement
advertisement
Kecanggihan teknologi membuat banyak hal bisa ditemukan dan dilakukan di internet, mulai dari bekerja, nonton film, ngobrol hingga pacaran. Yap, pacaran (kencan) bisa melalui internet yang biasa disebut sebagai Cyberdating.

Cyberdating sendiri sekarang sudah lebih jelas dan aman karena difasilitasi dengan situs-situs khusus yang tujuannya mempertemukan jomblowan dengan jomblowati, tidak melalui jejaring sosial lagi. Di beberapa situs cyberdating para penggunanya diwajibkan pencantumkan informasi asli mengenai dirinya, tapi masih banyak orang yang tidak berbohong.

Wanita biasanya berbohong tentang berat badan dan usianya sementara laki-laki biasa berbohong tentang penghasilan dan penampilannya.

Situs-situs cyberdating diperuntukan untuk kalian yang berusia diatas 18 tahun, sementara bagi kalian yang berusia dibawah 18 tahun, harap tunggu sampai cukup umur ya. Tapi, walaupun saya menulis begitu, kalian yang berusia dibawah 18 tahun seperti saya saat ini masih bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk mencari kenalan baru kan. Ya sudahlah, berikut ini beberapa tips aman untuk pacaran online.

Selalu anggap dia orang asing

Cyberdating (pacaran online) adalah sesuatu yang berbahaya karena mengharuskan kita bertemu dengan orang asing yang belum pernah kita temui. Walau bagaimana pun kalian mengenal film, makanan dan musik favoritnya, dia tetaplah orang asing yang baru kalian kenal. Jangan terlalu mudah terpancing dengan kata-katanya, apalagi sampai mengobral informasi pribadi begitu saja. Gunakan akal sehat dan hati-hatilah.

Jangan mudah percaya

Di dunia maya, memalsukan identitas atau berbohong tentang jati diri itu sangat mudah dilakukan. Seseorang bisa saja mengaku sebagai seorang gadis cantik, dengan kulit mulus dan penampilan mirip personil girlband korea atau seorang pria bertubuh kekar, penampilan keren dan penghasilan segunung. Itu bisa dilakukan oleh siapa saja.

Jangan obral informasi personal. 

Ingat, tidak ada peraturan di dunia maya yang mengharuskan kita menulis secara jujur tentang informasi personal yang sangat pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon, alamat kantor dan nama lengkap. Bila perlu, buatlah sebuah email dan akun baru khusus untuk pacaran online.

Jangan terburu-buru

Mentang-mentang punya hobi dan kesukaan yang sama, serta merasa sangat cocok saat chatting bukan berarti hubungan bisa lanjut begitu saja di dunia nyata. Coba perhatikan deskripsi mengenai dirinya, apakah berubah-ubah atau tidak.

Jujur adalah pilihan terbaik

Jujur bukan berarti mengobral semua informasi mengenai diri kita. Jujur disini contohnya ketika kita ditanya tentang tinggi dan berat badan, agama atau yang 'agak sensitif' lainnya, kita harus jujur. Ingat bahwa setiap kebohongan pasti akan terbongkar.

Awali dengan telepon

Sebelum benar-benar bertemu di dunia nyata, ada baiknya perluas komunikasi dari sekedar chatting dan SMS. Pembicaraan di telepon bisa menjadi pilihan terbaik sebelum bertemu secara langsung. Tapi, hati-hati dengan orang yang voicegenic ya. :) (voice genic : orang yang penampilannya tidak sebanding dengan suaranya di telpon)

Selalu ajak orang ketiga dan bertemu di tempat umum

Selalu ajak orang ketiga seperti sahabat atau saudara dan bertemulah di tempat ramai seperti mall, restoran atau cafe. Oh ya, manfaatkan pertemuan pertama hanya untuk menyamakan persepsi dan deskripsi yang dia sampaikan secara online. Jadi lakukan pertemuan ini secara singkat. Jika penampilannya sama seperti yang dia ungkapkan, maka hubungan bisa dilanjutkan. Jika tidak, sebaiknya jangan dilanjutkan lagi karena dia sudah berbohong.

Oke, sekian tips aman pacaran online. Selamat berburu bagi para jomblo. :)
Advertisement
advertisement
Tips Aman Pacaran Online | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar