Sukses Promosi di Instagram

Advertisement
advertisement
Siapa sih yang tidak kenal Instagram? Hampir setiap pemilik smartphone pasti memiliki akun Instagram, bahkan orang yang tidak memiliki smartphone pun biasanya memiliki akunnya. Apalagi sejak hadir di Andorid sejak April lalu, hal ini membuat Instagram mencapai 100 juta pengguna dalam waktu singkat. 

Menurut majalah Forbes, ada 3 hal yang membuat Instagram sangat cepat terkenal dan dengan mudah menenggelamkan aplikasi dan layanan foto lain seperti Flickr. Yang pertama adalah kesederhanaan, dimana Instagram sengaja membuat aplikasinya sederhana dan tidak banyak pilihan. Yang kedua adalah kecepatan dan terakhir adalah komunitasnya yang kuat. 



Saat ini ada beberapa Brand yang sukses memanfaatkan Instagram untuk memasarkan produknya dengan cara yang menarik dan unik. 

Free People

Label fashion satu ini menjadikan konsumennya sebagai 'marketing brand' dengan cara yang sederhana. Konsumen hanya diminta untum memotret dirinya sendiri yang sedang memakai jeans, lalu mengunggahnya di Instagram  dengan hashtag tertentu. 



Kemudian, tim dari Free People akan memilih foto yang dianggap cocok untuk di tampilkan di situs mereka. Para konsumen yang kebanyakan wanita tentunya dengan senang hati melakukannya karena bisa menjadi model dadakan. 

Comodo

Restoran di Amerika ini mempersilakan para pelanggannya untuk memotret makanan yang mereka makan, lalu memamerkannya di Instagram. 

Konsumen lain bisa memesan makanan hanya dengan membuka Instagram (#comodomenu) dan menunjuk foto makanan yang mereka ingin pesan.

Tifanny & Co

Awal tahun 2012, Tiffany merilis kampanye Instagram yang menawarkan para followernya 3 filter baru yaitu Tiffany blue, peach serta black & white. 

Sama seperti Free People, mereka juga mengajak para followernya untuk menjepret dirinya bersama pasangan lalu diunggah dengan hashtag #TrueLovePictures. Lalu, foto yang terpilih akan diterbitkan di situs resmi mereka. 

Red Bull

Siapa sih yang tidak mau 2 tiket gratis turnamen basket akbar di San Fransisco? Nah, inilah yang ditawarkan Red Bull pada para pemenang kontes Instagram mereka. 



Untuk ikutan, follower harus mengambil foto dengan pose membawa bola basket di tempat yang tidak biasa, unik dan mengejutkan. Tak hanya membuat para follower bersemangat, hal ini juga bisa merangkul komunitas olahraga dengan cara yang menyenangkan. 

Nah, itulah beberapa brand yang sukses promosi di Instagram. tapi, kebanyakan adalah brand luar negeri, bagaimana dengan brand dalam negeri? Apakah ada yang sudah sukses?
Advertisement
advertisement
Sukses Promosi di Instagram | Ari Kurniawan | 5

1 Komentar: