20 Tahun Sejak SMS Pertama Dikirim

Advertisement
advertisement
Masih ingat rasanya antara 5-2 tahun lalu saat SMS menjadi cara komunikasi yang sangat saya sukai, lewat SMS saya sering berkomunikasi dengan teman pacar bahkan hampir setiap hari. Tapi, hari ini SMS tidak menjadi prioritas bagi saya dan sebagian orang. Ya, tapi SMS pernah menjadi bagian dari sejarah hidup banyak orang. 

Short Message Service alias SMS masih merupakan salah satu cara berkomunikasi yang paling populer di dunia. Hal ini tidak terlepas dari peran seorang Neil Papworth seorang insinyur asal Inggris.

20 tahun yang lalu, tepatnya 3 Desember 1992, SMS pertama terkirim ke sebuah ponsel dengan isi 'Merry Christmas', inilah SMS pertama di dunia dan menandai dimulainya era komunikasi SMS. Dia mengirim SMS tersebut dari komputernya ke ponsel Orbitel 901 milik temannya.

Neil Papworth kala itu masih berusia 22 tahun dan bekerja untuk perusahaan teknologi bernama Sema. Dia adalah bagian tim yang mengembangkan Short Message Service Centre (SMSC) untuk perusahaan telekomunikasi Vodefone Inggris.

Papworth sendiri tidak pernah menyangka jika SMS akan dipakai banyak orang untuk berkomunikasi. Nah, untuk merayakan 20 tahun SMS, sebuah studi diadakan oleh Ofcom. Hasilnya tercatat bahwa kebanyakan orang mengirim sekitar 50 meter setiap pekannya.

Tahun 2006, ada 51 miliar SMS yang terkirim di seluruh dunia. Pada tahun 2011, ada lonjakan yang luar biasa menjadi 7 triliun SMS yang terkirim.

Tapi, seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, orang-orang pun menemukan banyak cara untuk berkomunikasi selain SMS. Hasilnya, 6 bulan pertama 2012, mulai terlihat penurunan jumlah pengiriman SMS.

Komunikasi berbasis internet adalah penyebab utamanya, kebanyakan orang lebih memilik email, BBM, Google Talk, Facebook dan Twitter serta aplikasi seperti Whatsapp dan Line dari pada SMS. Inilah yang menggerus kepopuleran SMS.
Advertisement
advertisement
20 Tahun Sejak SMS Pertama Dikirim | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar