Kenalan Dengan Green Economy

Advertisement
advertisement
Berikut ini adalah artikel saya tentang Green Economy yang pernah saya ikut sertakan sebagai Laporan Khusus di lomba mading yang diselenggarakan salah satu Universitas di Bali. 

Ekonomi hijau atau lebih keren disebut dengan green economy adalah ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Ekonomi hijau ingin menghilangkan dampak negatif pertumbuhan ekonomi terhadap lingkungan hidup dan kelangkaan sumber daya alam (Towards Green Economy, UNEP). Dalam bahasa sehari-hari, bisa dikatakan ekonomi jijau adalah perekonomian yang tidak merugikan lingkungan hidup.

Berdasarkan definisi dari United Nations Environment Programme (UNEP), ekonomi hijau dalam bahasa sederhananya adalah perekonomian yang rendah karbon, artinya tidak menghasilkan emisi atau polusi lingkungan, hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial. 



Green Economy adalah salah satu konsep yang melengkapi pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Ini karena prinsip utama dari pembangunan berkelanjutan adalah “memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan”. Sehingga, bisa dikatakan bahwa ekonomi hijau adalah penggerak utama pembangunan berkelanjutan.

Tahun 2012 ini, UNEP menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012 adalah “Green Economy : Does it include you?”. Di Indonesia, tema tersebut diadaptasi menjadi tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2012, “Ekonomi Hijau : Ubah Perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan.”

Dari 2 tema tersebut dapat disimpulkan bahwa sangat penting untuk mengubah paradigma dan perilaku untuk selalu mengambil setiap kesempatan dalam mencari informasi, belajar dan melakukan tindakan demi menjaga dan mengelola lingkungan hidup. Jika kualitas lingkungan hidup sudah baik maka kualitas hidup masyarakat akan ikut meningkat. 
Ketimpangan pendapatan penduduk negara kaya dengan negara miskin, meningkatnya emisi gas rumah kaca, berkurangnya areal hutan dan musnahnya keanekaragaman hayati adalah beberapa dampak dari pola hidup masyarakat modern yang membuat pembangunan sangat eksploitatif. Pembangunan yang bertumpu pada pertumbuhan produksi memang membuahkan perbaikan ekonomi namun gagal di bidang sosial dan lingkungan.

Konsep ekonomi hijau diharapkan menjadi jalan keluar dari permasalahan-permasalahan ekonomi saat ini. Menjadi jembatan antara pertumbuhan pembangunan, keadilan sosial serta tetap ramah lingkungan dan hemat sumber daya alam. Kuncinya hanya satu, setiap orang mau mengubah perilakunya.
Advertisement
advertisement
Kenalan Dengan Green Economy | Ari Kurniawan | 5

4 Komentar:

  1. 5 tahun belakang meang tren kembali ke Alam sedang ngetren ya, semoga bisa membawa kebaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja bisa bang Yos, dan semoga tidak tenggelam begitu aja

      Hapus
  2. semoga berhasil deh ekonomi yang berlandaskan pembangunan berkelanjutan.

    BalasHapus