Tips Hidup Ramah Lingkungan

Advertisement
advertisement
Gaya hidup ramah lingkungan sebenarnya tidak sulit dilakukan dan bisa diterapkan oleh siapa saja, mulai dari anak kecil sampai kakek-nenek. Kenapa gaya hidup ramah lingkungan atau green lifestyle ini penting dilakukan? Percaya atau tidak ternyata banyak hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari malah berdampak sangat buruk bagi bumi.

Contohnya seperti mengendarai mobil ke tempat yang dekat, membuat sampah sembarangan dan  menghambur-hamburkan listrik adalah contoh hal kecil yang ternyata bisa memperparah kerusakan lingkungan.

Nah, dengan melakukan perubahan terhadap hal-hal kecil itu, kita bisa membantu membuat perubahan nyata pada bumi ini. Berikut ini beberapa tips memulai hidup ramah lingkungan.



1. Mengganti bola lampu

Yap, ini paling sederhana. Ganti bola lampu tradisional dengan bola lampu yang punya sertifikasi ramah lingkungan. Lampu seperti itu hanya mengkonsumsi sepertiga daya listrik dibanding lampu biasa. Sekalian bisa menghemat biaya karena selain lebih sedikit menghabiskan listrik, lampu ramah lingkungan juga punya umur lebih panjang dan pencahayaan lebih terang.

2. Matikan dan cabut alat elektronik saat tidak digunakan. 

Yang perlu diketahui, walau TV dalam kondisi 'idle', TV akan terus mengkonsumsi energi jika lampu indikatornya masih menyala. Hal lain yang membuang energi adalah membiarkan ponsel tetap tercolok walau baterainya telah penuh.

3. Kurangi 1 derajat

Menurut info yang saya dapat, mengurangi suhu alat pendingin mobil 1 derajat saja bisa menghemat BBM hingga 10%. Ini adalah cara mudah menghemat biaya dan mengurangi polusi dalam 1 solusi. 1 derajat pun bisa membuat perbedaan.

4. Gunakan pemanas alami

Saat udara dingin, hindari menghidupkan pemanas ruangan. Cukup ambil selimut lebih dan kenakan pakaian yang lebih tebal. Atau berkumpullah dengan keluarga agar ruangan terasa lebih hangat. Dengan ini bisa menghemat biaya dan energi sekaligus mempererat hubungan keluarga.

5. Ganti komputer dengan laptop

Mengganti komputer desktop dengan laptop bisa menghemat energi hingga 50% lho. Manfaatkan daya laptop secara maksimal sebelum mengisinya kembali.



6. Rawatlah kendaraan dengan baik. 

Jika memiliki kendaraan seperti sepeda motor apalagi mobil, pastikan kalau kendaraan selalu terawat. Coba hindari menggunakan mobil jika lokasinya cukup dekat. Dan, pastikan bahwa tekanan ban kendaraan pas. Kenapa? Ban kempes bisa membuat kendaraan tidak efisien.

Walau terkesan sederhana dan biasa aja, tapi tips diatas bisa menciptakan sebuah perbedaan nyata dari pada hanya berbicara soal hemat energi tanpa pernah bertindak apapun. Bayangkan jika jutaan orang di dunia mau melakukan hal-hal sederhana diatas. Mulailah dari diri sendiri dan mulailah dari sekarang.
Advertisement
advertisement
Tips Hidup Ramah Lingkungan | Ari Kurniawan | 5

7 Komentar:

  1. Makasih tipsnya. Baca ini jadi ingat tokoh Go Dok Mi di serial Flower Boy Next Door :) Orangnya hemat energi abiiis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tau sedikit tentang serial Flower Boy Next Door tapi kurang tau dengan tokoh-tokohnya. Terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  2. oh iya itu yang point nomor 5 sob, kenapa laptop bisa lebih hemat dari komputer yah? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua komponen laptop udah didesain untuk hemat energi bro. energy savingnya lebih bagus dari komputer. kalo komputer realtimenya mungkin sekitar 150-200 watt, di laptop sekitar 50 watt.. bagus lagi pake tablet, ato smartphone sekalian :D

      Hapus
  3. mau nanya nih bro. untuk tips nomer 1.
    knp bisa dikatakan sepertiga lebih hemat energi?
    - apakah karena lebih terang, sehingga untuk mendapatkan tingkat keterangan yang sama membutuhkan daya yang lebih rendah, atau
    - untuk 5 watt lampu hemat energi mengkonsumsi sepertiga daya dari 5 watt lampu pijar. (sama2 5 watt tapi konsumsinya lebih dikit)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Tepat bro, karena lebih terang jadi dengan keterangan yang sama membutuhkan lebih sedikit daya dan biaya.

      - konsumsinya mungkin sama saja 5 watt, tapi lampu hemat energi itu lebih tahan lama dari lampu pijar biasa. Misalnya, dengan 1 lampu hemat energi kita bisa menerangi tempat yang membutuhkan 2-3 lampu biasa. Kira-kira seperti itulah.

      Hapus
  4. Baca posting ini jadi inget lagi tentang isu global warming yg dulu dulu

    BalasHapus