Tips Mengatasi Insomnia

Advertisement
advertisement
Banyak orang yang punya 'kebiasaan buruk' yaitu begadang setiap malam yang kemungkinan akan berakhir pada Insomnia. Insomnia sendiri adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan tidur berulang kali atau tidak tidur walau ada kesempatan untuk itu.

Insomnia tidak hanya menyebabkan kelelahan, menurut penelitian terbaru menunjukan bahwa Insomnia meningkatkan resiko penyakit jantung. Bahkan dapat meningkatkan resiko serangan jantung 27-40% lebih tinggi dibanding orang yang tidurnya normal.

Ada banyak pilihan untuk mengobati Insomnia. Tapi, kebanyakan dokter menganjurkan untuk menggunakan obat tidur atau obat anti-kecemasan. Tapi, ada cara lain untuk mengatasi insomnia secara non-medis dan bisa dilakukan langsung dirumah oleh para penderita insomnia.

Berikut ini tips mengatasi insomnia :



Tidur pada jam yang sama setiap malam

Cara ini sangat efektif untuk mengatasi insomnia karena pada dasarnya manusia dirancang dengan jam biologis tertentu dan membutuhkan tidur yang baik secara rutin.

Tingkatkan aktivitas di siang hari

Dengan lebih aktif di siang hari, diharapkan bisa lebih mudah terlelap saat malam. Untuk mengatasi insomnia, aktivitas fisik adalah yang diperlukan oleh tubuh. Peredaran darah lebih lancar dan tubuh pastinya akan membutuhkan istirahat setelah beraktivitas seharian.

Kurangi konsumsi kafein menjelang malam

Perkiraan bahwa minum teh hangat atau coklat panas sebelum tidur akan mempermudah terlelap, tapi kenyataannya justru hal tersebut tidak dapat mengatasi insomnia karena keduanya mengandung kafein. Hindari juga makan berlebihan di malam hari, khususnya menjelang tidur.

Tempat tidur hanya untuk tidur

Sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan, tugas atau PR ke tempat tidur. Menonton TV juga sebaiknya jangan di kamar tidur. Karena TV dan komputer adalah faktor yang paling menyulitkan seseorang untuk tidur dan mengatasi insomnia.


Santai sebelum tidur

Misalnya sudah setengah jam merebahkan diri tapi belum terlelap, coba bangun dan lakukan aktivitas santai seperti membaca buku, mendengarkan lagu lembut dan lainnya.

Kamar harus enak buat tidur

Matikan lampu dan pastikan tidak ada suara yang dapat mengganggu. Supaya lebih nyaman lagi, bisa siapkan beberapa list lagu kesukaan (yang lembut) kesukaan untuk menemani.

Buang kata "tidak bisa tidur"

Menurut penelitian, orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah orang yang paling sulit mengatasi insomnia. Ingat, meski insomnia adalah penyakit yang lumayan serius tapi dapat diobati.

Berdoa

Berdoa adalah kunci utamanya, selain bisa mengatasi kecemasan, berdoa sebelum tidur bisa memberi bonus berupa mimpi indah pada kita.

Ingat, dengan pola tidur yang sehat, maka tubuh bisa terasa lebih segar dan bersemangat.
Advertisement
advertisement
Tips Mengatasi Insomnia | Ari Kurniawan | 5

2 Komentar:

  1. Kalo say blogging untuk terapi Insomnia saay yang kaut .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bisa diterapkan nih cara yang kang jum gunakan.

      Hapus