Bisnis Online Untuk Sarjana Sastra Inggris

Advertisement
advertisement
Setelah lulus dari SMA pada 2014 nanti, saya memilik cita-cita untuk melanjutkan ke Fakultas Teknik Universitas Udayana, tepatnya di jurusan Teknologi Informasi. Ya, semoga saja cita-cita itu bisa tercapai sesuai yang saya harapkan.

Belakangan ini saya sering berpikir tentang Fakultas Sastra. Bukannya saya berubah pikiran, tapi saya sering melihat jasa-jasa penulisan konten di forum Ads-ID yang jumlahnya memang lumayan banyak, bahkan ada yang kantornya di dekat sekolah saya. 

Beberapa dari penyedia jasa tersebut mengklaim bahwa penulisnya adalah para sarjana sastra inggris. Bahkan ada yang mengklaim bahwa kesalahan grammar-nya mencapai 0%.



Terus, apa hubungannya?

Saya mulai berpikir, ternyata menjadi seorang yang menyandang gelar sarjana sastra inggris memiliki peluang yang lumayan besar untuk bekerja di bisnis online. Kebanyakan mungkin berpikir untuk terjun di bisnis penyedia jasa tulis-menulis. Tapi, saya memiliki beberapa alternati bisnis online untuk sarjana sastra inggris.

Berikut ini bisnis online yang bisa ditekuni seorang sarjana sastra inggris dan beberapa alternatifnya. 

1. Jasa penulisan konten blog/web

Ini adalah yang paling umum ditemukan. Tapi, dibutuhkan skill menulis untuk bisa terjun dalam bisnis penyedia jasa yang satu ini. Percuma saja memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik tapi tidak punya skill menulis. Selain itu, menguasai sedikit teknik SEO juga tidak ada salahnya. 

Untuk masalah harga biasanya menyesuaikan, jika dirasa tulisanmu sudah memenuhi SEO, grammar bagus dan pengerjaan cepat, harganya bisa lebih mahal. 

2. Jasa penerjemah

Di luar sana, masih banyak yang memerlukan jasa penerjemah. Entah karena mereka kurang bisa seperti saya atau hanya malas melakukannya. Untuk menjalankan jasa ini, kita harus bisa menerjemahkan dari Indonesia-Inggris atau Inggris-Indonesia. 

Selain menerjemahkan dalam bentuk text, beberapa pebisnis online juga terkadang membutuhkan jasa menerjemahkan isi sebuah video.Sementara itu, harga untuk jasa ini biasanya lumayan, tergantung pada kesulitannya. 
3. Jasa review product

Sedikit berbeda dengan menulis konten, jasa review product ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk atau mengulas kelebihan dan kekurangan suatu produk. Diperlukan sedikit skill tambahan dari copywriting agar jasa ini menjadi lebih mahal dan laku.


Pengguna jasa ini biasanya para pemain afiliasi atau yang memiliki produk sendiri dan akan dipasarkan secara luas. Jasa ini harganya lumayan, apalagi jika harga produknya besar. 

4. Mengajar Bahasa Inggris secara online

Ini masih jarang saya temukan, tapi yang biasnaya ada adalah menjual ebook (buku elektronik) tentang belajar bahasa asing. Nah, kalau mengajar bahasa inggris secara online atau membuka konsultasi berbayar kayaknya lumayan potensial karena belum banyak. 

5. Bisnis online sendiri

Kenapa harus membuka jasa-jasa diatas jika anda sendiri bisa memanfaatkannya untuk keuntungan yang lebih besar. Mulailah belajar tentang bisnis online dari forum-forum lokal, lalu targetkan pasar yang lebih luas. Maka, keuntungan akan datang dengan sendirinya.
Advertisement
advertisement
Bisnis Online Untuk Sarjana Sastra Inggris | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar