Tertarik jadi Jurnalis??

Advertisement
advertisement
Untuk memperingati Hari Kemerdekaan Pers Internasional pada 3 Mei ini. Maka, saya menulis sebuah post yang memang ditujukan untuk para "Satria Berpena". Ya, walaupun belakangan ini, beberapa oknum wartawan ada yang tidak selalu jujur,  tidak objektif dan berat sebelah dalam memberitakan sesuatu. Tapi, masih banyak wartawan yang menjunjung tinggi etika jurnalistik demi memberi informasi yang berimbang.

Kebebasan pers di Indonesia memang dianggap semakin baik karena jumlah kekerasan terhadap wartawan semakin berkurang. Tapi, tetap saja Indonesia berada di peringkat 139 menurut RSF. Kebebasan pers di Indonesia sudah baik bahkan bisa dikatakan surplus (menurut Agus Sudibyo) tapi masih belum diikuti oleh komitmen dan dedikasi terhadap kode etik jurnalistik oleh beberapa wartawan. 

Jurnalis Sejujur Spongebob
Hasilnya, kasus seperti pemukulan terhadap wartawan dan perampasan kamera bisa saja terjadi bukan karena narasumbernya, tapi juga karena ulah wartawannya itu sendiri. Ada pula media yang dari pagi hingga malam kerjaannya hanya mengkritik pemerintah dan terkesan menghakimi tanpa ada analisis.

Oke, segitu dulu tentang serba-serbi pers di Indonesia di jaman sekarang. Sekarang saya mau menulis tentang apa sih kelebihannya menjadi seorang wartawan dibanding dengan profesi lainnya. 

Bisa berpetualang

Bagi kalian yang suka jalan-jalan, bisa mempertimbangkan untuk jadi seorang wartawan. Wartawan itu sering jalan-jalan atau berkeliling demi mendapat berita. Kita bisa mendapat kesempatan mengunjungi tempat yang belum pernah kita datangi. 

Kerja pindah-pindah

Jurnalisme itu bisa sangat beragam, misalnya awalnya kita adalah wartawan ekonomi, lalu bisa pindah ke olahraga, kesehatan, gaya hidup bahkan politik. Tentu hal ini bisa memperkaya wawasan kita. Nah, bagi yang bosan dengan pekerjaan yang gitu-gitu aja, coba deh jadi jurnalis. 

Tentunya setiap pos berita memiliki tantangan dan kelebihannya masing-masing, makanya kita harus terus beradaptasi dengan kondisi yang bisa berubah setiap waktu. 

Tirto Adhi Soerjo
Tirto Adhi Soerjo (Bapak Pers Nasional)
Bertemu orang penting

Mulai dari tokoh penting, musisi, artis hingga presiden mungkin saja kita temui jika menjadi seorang jurnalis. Kita bisa mewawancari tokoh penting dengan santai dan leluasa. Bisa datang secara GRATIS ke berbagai seminar besar dan konser musik demi meliput dan menulis berita. 

Memberi informasi pada orang banyak

Seorang jurnalis bisa menyampaikan informasi kepada orang banyak dengan caranya sendiri. Wartawan juga tidak hanya menyebarkan berita, tapi juga fakta-fakta baru. Karya jurnalis yang baik adalah yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. 

Menjadi pribadi tangguh

Siapa bilang jadi jurnalis itu mudah? Jurnalis itu berat dan penuh risiko. Jurnalis dituntut membongkar fakta dan mencari kebenaran. Dalam petualangan mencari fakta ini, bisa sangat berbahaya bahkan mengancam keselamatan. Belum lagi deadline yang selalu mengejar. 

Jurnalis harus siap melakukan liputan dimana pun dan kapan pun saat dibutuhkan. Entah pagi atau malam, sedang hujan bahkan badai sekalipun. Pekerjaan ini membuat kita tidak cengeng dan menjadi orang yang tangguh. 

Tertarik jadi jurnali??
Advertisement
advertisement
Tertarik jadi Jurnalis?? | Ari Kurniawan | 5

1 Komentar:

  1. Benar sekali. Salam kenal ya. yarjohan.blogspot.com

    BalasHapus