Fenomena Gwiyomi

Advertisement
advertisement
Gwiyomi atau Kwiyomi awalnya merupakan gerakan yang berasal dari salah seorang member BtoB (Born to Beat) yaitu Jung Ilhoon dalam episode 24 acara reality show MTV Diary. Dalam acara tersebut, dia membuat gerakan "menghitung angka dengan imut" yang kemudian disebut Gwiyomi Player atau Kwiyomi Player.

Kata "Gwiyomi" berasal dari bahasa slang Korea yang menunjukan seseorang yang imut. Lirik lagunya sangat sederhana seperti "1 + 1 = imut, 2 + 2 = imut" dan seterusnya.

Gwiyomi sendiri berasal dari kata sifat "gwiyeo-un" yang berarti imut. Karena mendapat akhiran "-mi" maka kata tersebut menjadi kata benda, "Gwiyomi" pun berarti seseorang yang imut.


Gwiyomi Player sebenarnya sudah menjadi Internet meme sejak Oktober 2012 lalu, hal ini dimulai di Korea Selatan dalam sebuah acara TV bernama Weekly Idol. Dalam acara tersebut, ada sebuah segmen yang disebut "The Aegyo Battle" yang menantang para artis Korea mempertunjukan variasi berbeda dari gerakan Gwiyomi.

Setelah muncul di Weekly Idol, banyak K-pop idol yang lain seperti Miss A, Girl's Generation dan SISTAR yang memamerkan kebiasaan mereka untuk melakukan gerakan Gwiyomi.

Pada 18 Februari 2013 yang lalu, penyanyi Korea bernama Hari, meluncurkan lagu Gwiyomi. Padahal, sebelumnya pada tahun 2012 lagu ini sudah ada dalam album indie miliknya, tapi kurang dikenal.

Setelah lagu tersebut dirilis, Jung Ilhoon menunjukan apresiasinya dengan mengunggah video dirinya sedang mempertunjukan gerakan Gwiyomi sambil menyanyikan lagu tersebut dengan versinya.

Suatu hari, Hari diwawancari oleh Sport Seoul dan bagian saat dia mempertunjukan gerakan Gwiyomi sambil menyanyikan lagunya diunggah ke internet. Video tersebutlah yang kemudian menjadi viral dan menginspirasi banyak remaja korea untuk membuat versi mereka sendiri.



Awal tahun ini, sekitar bulan Maret 2013, banyak remaja putri di Asia Tenggara terutama Thailand dan Philipina termasuk beberapa artis Thailand yang membuat versi Gwiyomi mereka sendiri. Selain Thailand dan Philipina, negara seperti Cina, Taiwan, Hongkong, Singapura dan Malaysia juga mulai terjangking Gwiyomi.

Beberapa media di Cina melaporkan pengguna internet di Cina dalam jumlah besar telah mengunggah versi Gwiyomi mereka sendiri ke internet serta Gwiyomi sudah berhasil melangkahi kepopuleran Gangnam Style di negara tersebut. Hal yang sama juga dilaporkan oleh media Thailand.

Bagaimana dengan Indonesia??

Sebagai penutup, berikut ini adalah salah satu Gwiyomi kesukaan saya. Dibawakan oleh seorang gadis kecil dari Thailand bernama Gail Sopicha.



Advertisement
advertisement
Fenomena Gwiyomi | Ari Kurniawan | 5

0 Komentar:

Posting Komentar