Teh Oolong yang Menolong

Advertisement
advertisement
Teh Oolong adalah teh yang disebut sebagai semi-fermentasi. Tidak bisa disebut sebagai teh hijau ataupun teh hitam, oolong berada ditengah-tengahnya. 

Oolong diambil dari nama orang Cina yaitu Wu Long atau Oolong. Dia adalah orang yang pertama kali menemukan teh oolong secara tidak sengaja, karena saat memetik dauh teh, dia meninggalkan daun tersebut untuk mengejar seekor kijang. Tapi, saat dia kembali, teh itu sudah terfermentasi. 

Legenda lainnya menyebutkan bahwa dalam bahasa Cina, oolong berarti naga hitam atau ular hitam, karena daunnyamirip naga hitam kecil yang tiba-tiba terbangun ketika diseduh. 

Teh oolong berasal dari spesies Camellia Sinensis, pada dasarnya dihasilkan dari jenis daun teh yang sama dengan teh hijau dan teh hitam. Tapi, dalam memproses teh oolong, dauh teh yang telah dipetik dijemur dibawah matahari dalam kondisi tertentu agar terjadi oksidasi. Tapi, hanya dilakukan sampai setengah jalan (semi-fermentasi). 


Hal ini justru memberikan manfaat lebih pada teh oolong, bahkan dianggap lebih baik dari jenis fermentasi teh lain. Setelah proses semi-fermentasi, selanjutnya daun teh akan dikeringkan lagi dalam wadah yang panas dan keris lalu terakhir adalah menggulung daun teh untuk menghasilkan aroma tajam ala teh oolong. 

Rasa teh oolong ini katanya sih lumayan unik. Awalnya akan terasa pahit, tapi kemudian akan meninggalkan sedikit rasa manis setelah diminum. Nah, selain punya rasa dan aroma yang enak, khasiat dari teh oolong juga banyak.

1. Kandungan Flavonoid dan unsur antioksidan lainnya yang tinggi dalam teh oolong akan mempercepat metabolisme dalam tubuh. Orang yang mengkonsumsi teh Oolong secara rutin akan mengalami pembakaran kalori lebih cepat, dengan kata lain membantu menurunkan berat badan

2. Teh Oolong juga sangat bermanfaat bila dikonsumsi penderita diabetes. Penelitian oleh Jepang, Taiwan dan Amerika Serikat menunjukan bahwa konsumsi teh Oolong secara teratur dapat menurunkan tingkat plasma glukosa pasien diabetes tipe 2. 

3. Teh Oolong juga punya banyak manfaat lain seperti memperlancar pencernaan, mengangkal radika bebas, memberi efek rileks (mengurangi stres), mengobati sakit kepala, mengontrol kadar kolesterol dan banyak lagi. 

Teh Oolong punya rasa yang enak, aroma yang sedap serta baik bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya. 
Advertisement
advertisement
Teh Oolong yang Menolong | Ari Kurniawan | 5

6 Komentar:

  1. Berguna bgt infonya...thanks...jd tau

    BalasHapus
  2. Thanks infonya...berguna bgt..jd tw ne

    BalasHapus
  3. I has just translate this article, very nice and keep posting nicely.

    BalasHapus